9 Penambang Emas Tertimbun Longsor 2 Hari Berhasil Diselamatkan

Basarnas Banten melakukan evakuasi
Sumber :
  • Dok Basarnas Banten

VIVA – Sembilan penambang emas ilegal di Citorek Kidul, Lebak, Banten yang tertimbun longsor pada Jumat, 6 Desember 2019 lalu berhasil dikeluarkan. Sembilan korban tersebut dalam kondisi selamat.

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

"Alhamdulillah sembilan orang masyarakat yang terjebak di penambangan emas ilegal Citorek Kidul sudah terselamatkan, dan semuanya sehat walafiat," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo saat dikonfirmasi VIVAnews, Minggu, 7 Desember 2019.

Dia menjelaskan, longsor yang terjadi pada Jumat malam akibat hujan yang turun sejak sore hari. Agus menuturkan, awalnya korban timbunan longsor diketahui 12 orang, namun ketika longsor terjadi, petugas gabungan yang terdiri dari Basarnas, BPBD Banten, TNI, Polri dan dibantu warga sekitar berhasil menemukan tiga orang, yakni Hilman, Eye, dan Enay.

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

Proses pencarian sembilan orang lainnya berlangsung cukup lama. Pasalnya, lokasi timbunan dipenuhi material bebatuan dan pasir yang terbawa arus akibat luapan aliran Sungai Cimadur di Kecamatan Bayah, Lebak. Namun akhirnya kesembilan orang lainnya berhasil diselamatkan pagi tadi.

Adapun sembilan penambang emas yang berhasil diselamatkan dari timbunan longsor itu, yakni Halsa, Juli, Ade, Batak, Fai, Dari, Anda, Hamdan, dan Surahman. Mereka semua kini mendapatkan perawatan di rumah sakit.  

Akibat Banjir, Sampah TPA Cipayung Diduga Longsor ke Kali

Sebagai informasi, banjir bandang yang melanda Citorek Kidul itu terjadi pada Jumat malam pukul 20.30 WIB. Banjir bandang diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak pukul 17.00 WIB. Hujan lebat membuat Sungai Cimadur meluap dan mengakibatkan banjir di sejumlah desa di Kecamatan Bayah yang terletak di bantaran Sungai Cimadur.

Selain menyebabkan longsor dan menimbun sembilan penambang emas di Citorek Kidul, luapan Sungai Cimadur juga menyebabkan sejumlah rumah warga terendam air. Rumah yang terendam banjir, di antaranya di Kampung Sukajaya Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah dan Kampung Hegarmanah, Kampung Cimeundeut, Kampung Taringgul, Desa Cimancak, Lebak Banten.

Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jasad korban banjir dan tanah longsor di Gintung, Cicendo, Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa, 26 Maret 2024.

BNPB Sebut Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

BNPB mengungkapkan alih fungsi hutan memperparah dampak longsor di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yang merusak ratusan unit rumah dan menewaskan empat orang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024