Mahfud MD Sebut Ada Kejutan soal Dewan Pengawas KPK

Gedung KPK. (istimewa)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD berbicara soal Dewan Pengawas KPK. Walau publik mengkritik soal ide Dewan Pengawas KPK, Mahfud yakin Presiden Jokowi memilih figur-figur yang tepat untuk mengisi posisi pengawas KPK tersebut.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Jokowi punya kriteria yang ketat dalam memilih pejabat pengawas di lembaga antikorupsi tersebut. Sesuai amanat undang-undang, mengingat posisi Dewan Pengawas merupakan yang pertama kalinya di KPK, maka Jokowi menunjuk figur yang mengisi Dewan Pengawas KPK. Ke depan, seleksi Dewan Pengawas KPK kemungkinan akan melibatkan panitia seleksi.

Soal kekhawatiran publik atas keberadaan pengawas KPK yang dipilih Presiden, Mahfud bilang akan ada kejutan mengenai orang-orang pilihan kepala negara nanti. 

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

"Presiden kewenangan penuh sesuai Undang-Undang untuk pertama kali Dewas itu diangkat oleh Presiden, hak prerogatif. Tapi nanti akan jadi kejutan bahwa Dewas-nya baik-baik," kata di kantornya Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa 10 Desember 2019.

Sebelumnya Jokowi menyampaikan susunan Dewan Pengawas KPK empat tahun ke depan sudah hampir rampung. Namun, Jokowi tak merinci nama-nama anggota dewan pengawas yang dimaksud.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

"Sudah, tapi belum (bisa diumumkan)," kata dia, di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa 10 Desember 2019.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024