Prabowo Bakal Nego Ulang Harga Alutsista yang Kemahalan

Menhan Prabowo Subianto.
Menhan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambangi Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan di Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019. Tujuannya adalah bertemu dengan Menkopolhukam Mahfud MD untuk membahas masalah alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI. 

Prabowo menjelaskan bahwa pertemuannya dengan Mahfud MD adalah untuk membahas sejumlah kontrak lama pembelian alutsista. Pasalnya, beberapa kontrak lama tersebut dinilai bermasalah. 

"Ada masalah dengan beberapa kontrak lama  di luar negeri," katanya, dikutip dari VIVAnews. 

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang memberikan perintah untuk mengkaji ulang sejumlah kerja sama pembelian alutsista. Beberapa kontrak kerja sama alutsista itu dianggap nilainya kemahalan. 

"Masalah alutsista ddianggap terlalu mahal sedang ditinjau kembali. Kita sudah review," ujarnya. 

Prabowo pun menyatakan bahwa Jokowi meminta dirinya untuk melakukan negosiasi kembali. Karena itu, dia akan melaksanakannya. 

Soal detail kontrak kerja sama yang akan dikaji ulang, baik soal pembelian jenis alutsista dan dengan negara mana, dia enggan mengungkapkan. Namun, dia mengatakan, semua masalah soal alutsista akan dipaparkan secara detail ke Jokowi pada pekan depan.