9 Wantimpres Resmi Dilantik Jokowi, Wiranto Jadi Ketua

Wiranto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Renald Ghifari

VIVA –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sembilan orang sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Jumat, 13 Desember 2019.

Momen Wiranto dan AHY Ikut Bermalam di IKN Nusantara Bareng Jokowi

Pengangkatan sembilan nama Wantimpres itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 137/P/2019 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024.

Nah, mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto ditunjuk menjadi Ketua merangkap sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Wiranto Sebut Hadi Tjahjanto Sosok Tepat Jadi Menko Polhukam, Paham Anatomi Ancaman

Kemudian, anggotanya terdiri atas Arifin Panigoro, Dato' Sri Tahir, Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, Mardiono Bakar, Putri Kuswisnuwardhani, Agung Laksono, Sidarto Danusubroto dan Sukarwo.

Seperti ditayangkan tvOne, Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan kepada para Wantimpres. Namun, sebelumnya ia bertanya terlebih dahulu kesediaan anggota Wantimpres tersebut.

Wiranto: Saya Sebagai Pembina TKN, Bersaksi Tak Ada Agenda Apalagi Rencanakan Kecurangan

"Bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah menurut agama masing-masing. Apabila demikian, harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya," kata Jokowi.

Berikut sumpah janji yang dibacakan Presiden Jokowi dan diikuti sembilan anggota Wantimpres:

Demi Allah saya bersumpah. Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya akan setia kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya