Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka untuk Umum Besok, Gratis Lho

Pembenahan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Jelang Beroperasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Infrastruktur baru dalam wujud jalan tol layang, dari Jakarta menuju Cikampek dan arah sebaliknya sudah selesai dibangun. Bahkan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini sudah diresmikan Presiden Joko Widodo.

Mudik Lebaran 2024 via Tol Trans Jawa? Siap-siap Bayar Tarif Nyaris Rp 1 Juta

Usai seremoni tersebut, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan siap membuka fasilitas jalan baru ini untuk masyarakat. Artinya, pengguna mobil yang menempuh jarak jauh memiliki alternatif baru.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru mengatakan, jalan tol layang dengan panjang 36,4 kilometer itu akan dibuka untuk publik, Minggu 15 Desember 2019 mulai pukul 06.00 WIB.

Tarif Tol Naik jelang Mudik Lebaran Disebut Tak Cari Untung, Menteri Basuki: Banyak yang Saya Tahan

"Pengguna jalan, dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang membentang dari Simpang Susun Cikunir hingga Karawang Barat, tanpa tarif untuk sementara waktu,” ujarnya dalam keterangan, Sabtu 14 Desember 2019.

Baca juga: PGRI Setuju UN Dihapus, Begini Alasannya

Jasa Marga Perpanjang Contraflow dari KM 47 hingga KM 65 Arah Cikampek

Heru mengatakan, bagi kendaraan yang akan masuk melalui tol layang dari arah Cikampek, dapat masuk melalui Tol Dakam Kota arah Cawang melalui akses KM10. Sementara dari arah Jalan Tol JORR Jatiasih, pengguna jalan dapat masuk melalui akses KM45 Jalan Tol JORR.

"Untuk pengguna jalan dari arah Rorotan masuk di akses Km 46 Jalan Tol JORR," tuturnya.

Dari arah sebaliknya menuju Jakarta, kata dia, bisa melalui pintu tol Karawang Barat dari akses KM48. Heru mengatakan, bagi yang ingin menyambuhng ke arah jalan tol bawah lama, bisa keluar dari Simpang Susun Cikunir KM10, menuju tol Jakarta-Cikampek bawah arah Halim/Cawang.

"Keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih, bisa dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Cikunir 6. Bagi yang ingin keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan, bisa membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya