Bela Muslim Uighur, #BoikotProdukCinaSekarang Jadi Trending

Cuitan warganet di Twitter
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap warga Uighur oleh Pemerintah China membuat beberapa kalangan marah, termasuk para warganet. Akibatnya, tagar #BoikotProdukCinaSekarang jadi trending di lini masa dunia maya Twitter pada Kamis, 19 Desember 2019.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Di antaranya akun Diah Soewarno, @diah_soewarno09 mengajak semua pengguna media sosial untuk meramaikan tagar boikot produk China.

"Tagar hari ini mulai pukul 06.00 #BoikotProdukCinaSekarang. Yang ingin berpartisipasi viralkan tagar #BoikotProdukCinaSekarang. Silakan Like, RT & Reply yang ada tagarnya, sertakan tagar dalam tuitan, jangan campur dengan tagar lain dalam reply maupun di lintasan," tulisnya.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Selain itu, akun Habibie @Habibie80401808 yang merasa bingung terhadap ajakan tersebut. Sebab, dari dahulu belum ada pergerakan dan cuma wacana.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

"Assalamualaikum Sobat Tuits. Dari dulu kalian cuma bisa bilang akan akan, lalu kapan realisasinya?? #BoikotProdukCinaSekarang #BoikotProdukCinaSekarang," tulisnya.

Sementara itu, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa impor produk dari China ke Indonesia didominasi mesin dan peralatan mekanis. Selain itu, besi dan baja. 

Namun impor buah-buahan dari China pada November lalu mengalami peningkatan sebesar 48,8 persen dibanding bulan sebelumnya dan 109,47 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Buah yang diimpor dari China, seperti apel dan jeruk mandarin.

Pada bulan lalu, impor barang modal dari China juga tercatat naik 2,58 persen dibanding bulan sebelumnya. Salah satu barang modal yang paling banyak diimpor dari sana, yakni laptop termasuk notebook. Impor laptop bulan lalu naik 53 persen dibanding bulan sebelumnya menjadi US$123,14 juta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya