Bersih-bersih Kali, Warganet Bilang Gibran Tiru Jokowi

Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria Fundrika

VIVA – Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada Serentak 2020. Gibran pun sudah rajin melakukan konsolidasi dan blusukan ke lapangan.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Bahkan, Gibran meniru gaya sang bapak yang nyebur ke kali atau sungai. Memang, Jokowi pernah masuk gorong-gorong ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Gibran mengunggah sebuah foto sedang kerja bakti di Kali Gambirejo, Kelurahan Joglo, Banjarsari pada Minggu, 22 Desember 2019. Namun, Gibran malah mendapat cibiran dari warganet.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Sebab, masyarakat hanya menjadi penonton ketika Gibran bersama para tim pemenangan bersih-bersih kali. Bukan cuma menonton, warga juga malah foto-foto aksi Gibran yang lagi pegang cangkul, pakai kaos putih dan sepatu boots.

"Itu yang di atas cuma nonton saja, kenapa tidak ikut kerja bakti? Ternyata di mana saja sama saja, ada yang kerja, ada yang cuma absen dan nonton," tulis salah satu warganet, yang dikutip pada Senin, 23 Desember 2019.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Baca juga: Umat Islam Tak Dilarang Ucapkan Selamat Natal, Kata MUI

Warganet lain pun ikut memberi tanggapan, yang menilai bahwa Gibran tak jauh beda dengan Jokowi. Menurut dia, yang terlihat pada foto diunggah itu bukan kerja bakti warga, tapi kerja bakti tim pemenangan.

"Tidak ada beda dengan ayah. Politik anak muda bukan lagi masuk pada fase politik pencitraan, tapi perjuangan politik nilai," ujarnya.

Ia mengatakan, standing position yang menentukan keberpihakan politik anak muda, jangan hanya tampilannya sederhana, namun berpihak pada pemilik modal.

"Negara ini harus dikelola dengan kerangka berpikir kebangsaan, bukan kerangka berpikir bisnis," tulis warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya