Gaya Khofifah Indar Parawansa Patroli Naik Motor ke Gereja di Surabaya

Khofifah, Kapolda dan Pangdam patroli ke gereja di Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Menjelang Hari Natal pad 25 Desember 2019 mendatang, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan, dan Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi melakukan patroli ke sejumlah gereja di Kota Surabaya pada Senin, 23 Desember 2019. 

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Uniknya, mereka patroli ke sejumlah gereja di Surabaya dengan mengenderai sepeda motor. Adapun beberapa gereja yang disambangi, salah satunya Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Jaya Utara. 

Gereja tersebut merupakan satu dari tiga gereja yang disasar aksi bom bunuh diri oleh kelompok teroris pada Mei 2018 lalu. Di sana, pejabat Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Jatim menyapa para jemaat. 

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Setelah itu, mereka bergeser ke wilayah Surabaya Selatan. Khofifah mengendarai motor matik yang dikemudikan sendiri. Sementara Kapolda dan Pangdam mengendarai motor trail. 

Puluhan anggota Polri dan TNI mengiringi. Rombongan ini pun menjadi perhatian warga di sepanjang perjalanan. 

Uskup Sydney yang Ditikam Maafkan Penyerangnya: Saya Selalu Mendoakanmu

Adapun gereja terakhir yang dikunjungi pejabat Forkopimda, yakni Gereja Paroki Gembala Yang Baik (GYB) di Jalan Jemur Andayani. Khofifah bilang, kunjungan ke beberapa gereja dilakukan untuk memastikan persiapan perayaan Natal berjalan aman dan damai. 

"Itu yang kami harapkan," ujarnya. 

Dia berharap hubungan harmonis antara umat beragama akan terus terjaga di Jatim dan menjadi bagian dari sembilan Nawa Bhakti Satya kepemimpinan Khofifah-Emil Dardak di Jatim. 

"Antara lain di situ ada Jatim Harmoni di antara seluruh keragaman yang ada di Jawa Timur. Maka kami, Saya, Pak Kapolda dan Pangdam ingin mengonfirmasi sekaligus mendapatkan kepastian bahwa semua bisa berjalan dengan damai," tutur Khofifah. 

Sementara Kepala Gereja Paroki Gembala yang Baik, Romo Gregorius Kaha SVD mengatakan, tema Natal tahun 2019 di gerejanya adalah 'Hiduplah Bersaudara Dengan Semua Orang'. 

"Jadi selama Natal tahun ini, umat Kristen, Katolik, Protestan, itu merenungkan, lalu menegaskan sikapnya dalam hidup bersama," ujar dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya