Mengenal Sosok Zulkifli Zaini, Dirut PLN yang Baru

Zulkifli Zaini
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri BUMN, Erick Thohir menunjuk Zulkifli Zaini menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero) pada Senin, 23 Desember 2019. Ia seorang profesional Indonesia yang mengawali kariernya di dunia perbankan.

Rekam Jejak Darmawan Prasodjo, Bos Baru PLN Pengganti Zulkifli Zaini

Tahun 1988, ia menjadi staf account officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). Kemudian, Zulkifli sekarang menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Negara Indonesia (BNI).

Ia menjadi Komisaris BNI setelah mendapatkan persetujuan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) melalui fit and proper test, dan dilantik menjadi Komisaris BNI berdasarkan RUPS BNI pada 17 Maret 2015.

Erick Thohir Angkat Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN

Pria kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat ini juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri selama 10 tahun yakni dari tahun 2010 hingga 2013 menggantikan Agus Martowardojo.

Selain itu, Zulkifli pernah menjadi Direktur Teknologi dan Operasional Bank Mandiri pada Mei hingga Juni 2010. Selanjutnya, dipercaya sebagai Vice President and Division Head Goverment Relationship Management Bank Mandiri.

Pasok Listrik Blok Rokan, PLN Gunakan Alat MCTN 3 Tahun ke Depan

Tahun 1998, ia menjabat Kepala Cabang Bapindo Jambi. Pada 1996, ia menjadi Deputy Branch Manager di Kantor Cabang Bapindo Surabaya dan Head of Project Finance di Kantor Cabang Bapindo Surabaya pada 1994.

Di samping itu, Zulkifli menyelesaikan pendidikannya tahun 1994 di MBA dari Universitas Washington, Insinyur dari Institut Teknologi Bandung (ITB) (1980). Kemudian, ia pernah menerima penghargaan The Best Chief Executive Officer in Indonesia dari Corporate Governance Asia (2012).

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Politikus PDIP Anggap Darmawan Prasodjo Mumpuni sebagai Dirut PLN

Dengan kepemimpinan baru PLN dibawah Darmawan Prasodjo, diharapkan mampu membuat terobosan baru untuk rakyat

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2021