Ada Car Free Night di Sudirman-Thamrin, Ketahui Rute Pengalihan Arus

Car free night Jakarta 2018
Sumber :
  • VIVA / Isra Berlian

VIVA –  Malam pergantian Tahun Baru 2020 tinggal menghitung jam, sejumlah kegiatan akan digelar di Jakarta. Selain panggung hiburan, Car Free Night pun akan diberlakukan di kawasan Sudirman-Thamrin pada malam pergantian tahun.

Polda Metro Jaya Gelar Pemutihan SIM

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah rekayasa mulai dari meniadakan ganjil genap hingga pengalihan arus lalu lintas.

"Sistem ganjil-genap tetap diberlakukan pada pukul 06.00-pukul 10.00 WIB pagi," kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Fahri Siregar saat dikonfirmasi, Selasa 31 Desember 2019.

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Ganjil genap ditiadakan

Sementara terkait kebijakan sistem ganjil-genap pada Selasa tanggal 31 Desember 2019 sore pukul 16.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB tidak diberlakukan buntut adanya Car Free Night menyambut pergantian tahun di kawasan Sudirman-Thamrin.

Arus Balik Lebaran, Polda Metro Siapkan Contraflow Tol Dalam Kota

Fahri menjelaskan, pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap juga tidak diberlakukan pada hari Rabu 1 Januari 2020.

Lokasi parkir selama CFN

Terkait CFN telah disiapkan lokasi parkir. Salah satu lokasi ada di sekitar kawasan Monumen Nasional. Kemudian ada juga di lokasi gedung perkantoran mulai dari Gedung BNI 46 sampai Hotel Mandarin.

"Ada empat lokasi parkir di Monas. Parkir IRTI, Stasiun Gambir, Dalam Monas, dan Barat Daya Patung Kuda," katanya.

Pengalihan arus

"Iya, kita siapkan rekayasa pengalihan arus lalin terkait Car Free Night," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Selasa 31 Desember 2019 dilansir dari VIVAnews.

Menurut Yusri, bukan hanya menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalin, ada 1.597 personel polantas diterjunkan guna membantu pengamanan. Kantung-kantung parkir pun telah disiapkan guna mempermudah warga.

Polisi menegaskan akan mengawal perayaan malam tahun baru di Ibu Kota secara maksimal. Untuk itu, masyarakat diminta tidak khawatir dan bisa beraktivitas seperti biasa. 

Ini rute pengalihan arus

1. Arus dari Jalan Hayam Wuruk diarahkan ke Jalan Juanda dan dari Jalan Veteran Raya diarahkan ke Jalan Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada.

2. Arus dari Tugu Tani ke Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Perwira.

3. Arus dari Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Selatan ditutup dan diluruskan ke arah Jalan Perwira.

4. Arus dari Jalan Museum ke arah Merdeka Barat ditutup diluruskan ke Jalan Abdul Muis

5. Arus dari Budi Kemuliaan menuju Jalan Thamrin, Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Barat ditutup diarahkan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus dari Jalan Galunggung menuju Sudirman ditutup dan diluruskan ke arah Tanah Abang demikian sebaliknya dari arah Tanah Abang diluruskan ke arah Manggarai atau Pasar Rumput.

7. Arus dari arah Kasablanka menuju Jalan Jenderal Sudirman ditutup kedua arah.

8. Lingkaran Semanggi dan Simpang Susun Semanggi ditutup total dari timur diarahkan ke Slipi, arah barat ke Pancoran.

9. Arus dari arah Hotwl Mulia menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke arah Hanglekir.

10. Arus yang dari Jalan Asia Afrika menuju Bundaran Senayan diluruskan ke Jalan Hanglekir.

11. Arus dari Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir.

12. Arus dari Jalan Pattimura menuju Jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir atau ke kiri Jalan Sisingamangaraja.

13. Arus dari Jalan Senopati menuju Jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke Jalan Pattimura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya