Ada Banjir, Apa Kabar Perjalanan KRL dan Kereta Jarak Jauh?

Perjalanan KRL Terdampak Banjir.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Hari pertama 2020 diwarnai dengan banjir di wilayah Jakarta dan Sekitarnya. Akibat kejadian ini, moda transportasi kereta api dan kereta rel listrik atau KRL sempat terganggu, karena stasiun dan relnya terendam air.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Meski demikian, kini jalur kereta sudah berfungsi kembali. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa. Dia mengatakan, perjanan kereta api (KA) di Stasiun Tanah Abang sudah kembali beroperasi.

Genangan air yang sempat terjadi, kata Dia, sudah mulai surut. Sehingga, perjalanan kereta berfungsi normal melayani baik dari arah Bogor, Jatinegara, Rangkasbitung/ Serpong/Parung Panjang, dan sebaliknya.

Ada 49 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Tambahan di Long Weekend Wafat Yesus Kristus, Catat Rutenya

"Pukul 13.15 WIB genangan air yang sempat mengganggu fungsi prasarana KA di wilayah Stasiun Tanah Abang telah surut," kata Eva di Jakarta pada Rabu, 1 Januari 2020.

Meski kereta api di Stasiun Tanah Abang sudah beroperasi, kata Eva, masih ada beberapa titik jalur lintas kereta api yang terendam banjir di area Daop 1 Jakarta.

KAI Siapkan 3 Kereta Api Tambahan di Semarang saat Arus Mudik, Cek Rutenya

"Untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api," kata Eva.

Sementara untuk jalur kereta di wilayah Tambun, Bekasi yang sempat tergenang, juga sudah bisa dilintasi. Bahkan, kata Dia, kereta bisa melintas dengan kecepatan normal.

"Jalur Tambun-Bekasi yang sempat diberlakukan pembatasan kecepatan dampak genangan air, sudah kembali dapat dilintasi dengan kecepatan normal," tuturnya.

Eva mengatakan, untuk keberangkatan kereta api jarak jauh, baik dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir terdapat beberapa kereta api yang mengalami keterlambatan akibat genangan air di sejumlah titik jalur rel.

"PT KAI Daop 1 tetap menghimbau agar para pengguna jasa KA jarak jauh dapat mengatur keberangkatannya lebih awal menuju stasiun, agar tidak tertinggal kereta mengingat sejumlah ruas jalan raya juga terdapat titik banjir," kata Eva.

Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang dibatalkan yakni, KA 306 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari), KA 144 Gajahwong (Pasar Senen-Lempuyangan), KA 56 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung), KA 146 Fajar Utama Yogya (Pasar Senen - Yogyakarta).

Berikutnya, KA 262 Tawang Jaya Premium (Pasar Senen-Semarang Tawang), KA 136 Dharmawangsa (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi), KA 4 Argo Bromo Angrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi), KA 40 Argo Parahyangan (Gambit-Bandung), KA 98F Taksaka Fakultatif (Gambir-Yogyakarta), dan KA158 Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya