Banjir Jakarta, Jokowi Sebut Karena Rusaknya Ekosistem

Banjir Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut penyebab banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek terjadi lantaran kerusakan ekosistem dan kerusakan ekologi.

KPU Yakin MK Tolak Amicus Curiae yang Diajukan Megawati karena Tak Ada dalam UU Pemilu

Tak hanya itu, dia mengatakan perilaku masyarakat yang suka buang sampah sembarangan juga merupakan penyebab dari banjir yang terjadi awal tahun ini.

"Karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem kerusakan ekologi yang ada. Tapi, juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana, banyak hal," kata Jokowi di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis 2 Januari 2020.
 
Jokowi menekankan bahwa penanganan banjir ini harus dikerjakan bersama-sama mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota hingga Kabupaten. Sehingga, dia yakin persoalan ini bisa tertangani dengan baik.

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

"Tapi yang paling penting pada saat kejadian seperti yang sekarang ini, adalah evakuasi korban banjir. Keselamatan dan keamanan masyarakat harus didahulukan," ujarnya. 

Setelah itulah, menurutnya penanganan secara komprehensif khususnya infrastruktur akan dibereskan. "Urusan penanganan banjir secara infrastrukturnya akan kita bicarakan setelah penanganan evakuasi selesai," kata dia.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Untuk diketahui pada pergantian tahun dari 2019 ke 2020, hujan deras mengguyur wilayah ibu kota dan sekitarnya. Banjir pun tak terelakkan dan merendam permukiman warga. Bahkan, musibah ini menelan beberapa korban jiwa dan tentunya menimbulkan kerugian materil bagi masyarakat. 
 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa

RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 

Pemerintah saat ini mulai menyusun Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 di masa transisi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024