Viral Anggota TNI Selamatkan Bayi dan Lansia Saat Banjir

Banjir Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sejumlah wilayah Jabodetabek direndam banjir sejak Rabu, 1 Januari 2020. Hingga kini, tercatat ada 16 orang yang meninggal dunia akibat banjir dan longsor di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Saat banjir mengepung wilayah Jabodetabek kemarin, seluruh aparat keamanan baik TNI maupun Polri serta instansi-instansi lainnya langsung turun ke lapangan untuk membantu evakuasi para korban banjir.

Aksi-aksi heroik prajurit TNI pun terekam video, mulai dari menyelamatkan korban lansia dari atas genteng hingga menggendong balita. Video ini diunggah akun Twitter Pusat Penerangan TNI @Puspen_TNI pada Kamis, 2 Januari 2020.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

"Korem 052/Wkr evakuasi bayi yang baru lahir di kepungan banjir," tulis akun Twitter Pusat Penerangan TNI.

Selain itu, anggota TNI Lantamal III Jakarta dan Yonmarhanlan III juga terlihat telah mengevakuasi korban banjir lanjut usia dari atap genteng rumah. Satu persatu, korban banjir digendong untuk dievakuasi pakai perahu karet.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

"Dalam membantu evakuasi dan selamatkan warga, tim siaga banjir bergabung bersama tim satgas banjir lainnya baik dari Pemprov, Basarnas, Polri, BPBN, Damkar dan masyarakat," lanjutnya.

Diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 16 orang yang meninggal dunia akibat bencana banjir dan longsor di wilayah Jabodetabek hingga hari Kamis, 2 Januari 2020.

Dari 16 orang itu rinciannya di DKI Jakarta 8 orang, Kota Bekasi 1 orang, Kota Depok ada 3 orang, Kota Bogor 1 orang, Kabupaten Bogor 1 orang, Kota Tangerang 1 orang dan Tangerang Selatan 1 orang. 

Namun, saat ini BNPB masih terus melakukan pendataan dari berbagai sumber, dan kemungkinan jumlah korban bisa bertambah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya