Video Jokowi Diam-diam Tinjau Waduk Pluit, Anies Tak Menemani

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi waduk Pluit.
Sumber :
  • Setkab

VIVA – Banjir yang terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada Rabu, 1 Januari 2020 saat ini mulai surut. 

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Tadi pagi sebelum menuju Istana Negara, Presiden Joko Widodo dikabarkan sempat menengok waduk Pluit di Jakarta Utara. Video kunjungan mendadak yang dilakukan Jokowi inipun viral di media sosial. 

"Presiden @jokowi sidak ke Muara Baru," tulis akun Dono Prasetyo @donokip.

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

Dari potongan gambar yang diunggah Dono, Presiden Jokowi meninjau Pompa Muara Baru Penjaringan memakai baju kemeja putih lengan panjang dengan pin kenegaraan, celana hitam dan sepatu sneakers hitam putih.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Saat meninjau Pompa Muara Baru, Jokowi terlihat sendiri tanpa didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maupun para Menteri Kabinet Indonesia Maju. Hanya saja, Jokowi dikawal oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Pompanya jalan?," tanya Jokowi kepada petugas.

Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, Presiden Jokowi berada di Waduk Pluit hanya sekitar setengah jam. Kepala Negara di sana memastikan pompa di sana berfungsi dengan baik.

"30 menit (di sana), Presiden memastikan pompa berfungsi dengan baik, lihat alat berat dan ketemu pegawai di sana. Beliau memastikan semua pompa berfungsi dengan baik," kata Bey di Jakarta, Jumat 3 Januari 2020. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut penyebab banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek karena kerusakan ekosistem dan kerusakan ekologi. Tak hanya itu, dia menilai perilaku masyarakat yang suka buang sampah sembarangan juga penyebab terjadinya banjir.

"Karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem kerusakan ekologi yang ada. Tapi, juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana, banyak hal," kata Jokowi di gedung BEI, Jakarta, Kamis 2 Januari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya