Awan Panas Guguran di Gunung Merapi Sebabkan Boyoyali Hujan Abu

Gunung Merapi kembali meletus.
Sumber :
  • Twitter @bpptkg

VIVA – Gunung Merapi saat ini dalam status waspada. Pukul 20.36 WIB, Sabtu, 4 Januari 2020, sempat dikabarkan, Gunung Merapi kembali mengeluarkan awanpanas guguran. Tercatat melalui seismogram, amplitudo maksimalnya, 55 mm.

Bandara Minangkabau Ditutup Semantara Imbas Erupsi Gunung Marapi

"Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimal 55 mm dan durasi lebih kurang 105 detik," ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari laman VIVAnews.

Ketika terjadi awanpanas gugurn, Hanik menuturkan kondisi cuaca di Gunung Merapi sedang berkabut. Karena berkabut, menyulitkannya untuk memantau kondisi secara visual.

Semeru Muntahkan Kolom Abu Setinggi 900 Meter, Perluasan Awan Panas Berpotensi 17 Km

Hanik mengatakan, awanpanas guguran ini menyebabkan terjadinya hujan abu tipis. Hanik menjabarkan hujan abu tipis ini dilaporkan terjadi di wilayah Cepogo, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah.

"Awan panas ini dilaporkan menimbulkan hujan abu tipis di sekitar Cepogo, Boyolali. Masyarakat diimbau mengantisipasi ganguan akibat abu vulkanik," ujar Hanik.

Status Siaga, Abu vulkanik Membumbung Setinggi 1 Kilometer di Gunung Ili Lewotolok

Seperti diketahui, status waspada Gunung Merapi sudah ditetapkan sejak 21 Mei 2018 yang lalu hingga sekarang. Hanik pun mengatakan, BPPTKG sempat mengimbau agar tidak ada aktivitas manusia di area dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

BPPTKG juga mengimbau masyarakat agar mengantisipasi bahaya abu vulkanik dari kejadian awan panas maupun letusan eksplosif.

Abu vulkanik setinggi lebih kurang 800 meter akibat aktivitas erupsi Gunung Ibu

Gunung Ibu di Halmahera Erupsi, Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

Gunung Ibu yang berada di barat laut Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, meletus dan melontarkan abu vulkanik setinggi lebih kurang 800 meter dari puncak kawah gunung

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2024