Mahfud MD Pastikan Tak Ada Nego Soal Natuna dengan China

Operasi Siaga Tempur Laut Natuna
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memastikan pemerintah hadir di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) perairan natuna yang diklaim pemerintah China. Dan pemerintah China tidak berhak masuk wilayah perairan Natuna tanpa seizin pemerintah Indonesia.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

"Presiden memerintahkan agar untuk memperkuat pengamanan terhadap Natuna, agar negara hadir. Negara hadir itu minimal dalam dua hal. Satu, peningkatan patroli, yang kedua aktivitas nelayan kita sendiri di sana," kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Senin 6 Januari 2020.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menambahkan kekuatan militer Indonesia sudah berangkat untuk mengamankan perairan Natuna. Tak hanya itu para nelayan juga akan segera berangkat untuk menangkap ikan di perairan Natina yang merupakan hak warga negara Indonesia.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Meski telah mengerahkan kekuatan militer ke perairan Natuna, Mahfud pastikan Indonesia tidak sedang berperang dengan China. Pengetahuan kekuatan militer Indonesia hanya untuk memperkuat dan menegaskan batas laut Indonesia agar tidak diserobot China dan negara lain.

"Yang jelas kita tidak dalam suasana berperang karena memang kita tidak punya konflik dengan China. Tidak berperang kita. Kita mempertahankan kedaulatan. Oleh sebab itu urusan hubungan dagang, perekonomian, hubungan kebudayaan, hubungan apa pun dilanjutkan seperti biasa," tegasnya.

Cyber Crime Can Threaten Southeast Asia as Digital Technology Advances

Meski menyatakan tidak sedang berperang, Mahfud memastikan Indonesia tidak akan melakukan negosiasi dengan China Terkait ZEE di perairan Natuna yang secara hukum dan diakui secara internasional milik Indonesia.

"Tugas Kemenko Polhukam mengamankan itu. Jadi tidak ada perang, tetapi tidak ada nego. Karena kalau menego berarti kita mengakui itu milik bersama," katanya.

BYD Shark

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Pabrikan asal China, Build Your Dreams (BYD) secara resmi mengumumkan peluncuran truk pikap plug-in Hybrid pertama, bernama BYD Shark pada ajang Beijing Motor Show 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024