Waspada, Hujan Lebat Bakal Guyur Wilayah Ini Tiga Hari ke Depan

Ilustrasi banjir dan hujan deras
Sumber :
  • TMCPoldaPoldaMetroJaya

VIVA – Pada malam tahun baru lalu hingga beberapa hari setelahnya terjadi hujan lebat sampai menyebabkan sejumlah wilayah mengalami dan tergenang banjir. Hujan dengan intensitas deras diprediksi akan kembali terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melaporkan bahwa hujan lebat akan mengguyur beberapa  wilayah dalam waktu beberapa hari ke depan. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan bahwa cuaca sepekan ke depan dengan intensitas hujan lebat diprediksi akan terjadi di wilayah Sumatera bagian selatan, seluruh wilayah Jawa, Bali, dan seluruh Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Maluku, Sulawesi dan Papua. 

"Artinya merata hampir seluruh wilayah Indonesia, namun intensitas yang tinggi dengan probabilitas 90 persen," kata dia di Jakarta Pusat, Selasa, 7 Januari 2020. 

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Dia menuturkan, pada tanggal 8-9 Januari 2020 diprediksi hujan terjadi di wilayah Banten bagian barat. Selain itu, juga terjadi di Jawa Tengah bagian tengah dan barat, serta Gorontalo. 

"Jadi ini intensitas bisa mencapai 50-100 milimiter. Itu tanggal 8-9 Januari," ucap Dwikorita. 

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Sementara pada tanggal 9-10 Januari 2020 diperkirakan hujan intensitas tinggi dengan probabilitas 90 persen lebih terjadi di wilayah Jawa Barat terutama bagian tengah dan barat. Prediksi ini juga termasuk di pantai Sumatera Barat sampai ke selatan dan pantai Lampung.

Karena itu, dia meminta masyarakat di sejumlah wilayah tersebut untuk tetap waspada dengan potensi hujan lebat yang bakal terjadi. "Jadi, mohon tetap diwaspadai," ujar dia. 

Baca juga:

Warganet Hujat Reynhard Sinaga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya