Jokowi Kawal Natuna Jadi Trending, Disebut Orang Sipil Nyali Militer

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menegaskan bahwa wilayah Kepulauan Natuna merupakan teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena itu, tak ada tawar-menawar di wilayah tersebut.  

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Jokowi pun telah mengunjungi Natuna pasca memanasnya kondisi antara kedua negara akibat manuver Coast Guard China di Laut Natuna. Kedatangannya ingin memastikan penegakan hukum atas hak berdaulat negara di teritorial tersebut. 

"Di zona tersebut kapal internasional dapat melintas dengan bebas, tapi Indonesia memiliki hak atas kekayaan alam di dalamnya. Indonesia memiliki hak berdaulat untuk menangkap atau menghalau kapal asing yang mencoba memanfaatkan kekayaan alam di dalamnya secara ilegal," tulisnya dalam akunnya di Twitter, Kamis, 9 Januari 2020. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Sementara itu, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI juga sudah berjaga-jaga di sana. Mereka siap mengawal nelayan Indonesia menangkap ikan di perairan Natuna sekaligus sebagai upaya kontra strategis atas aksi Coast Guard China yang mondar-mandir di perairan Natuna mengawal nelayannya yang menangkap ikan secara ilegal. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Selain itu, TNI Angkatan Udara juga telah mengerahkan empat jet tempur F-16 untuk melaksanakan patroli rutin di perairan Natuna, Kepulauan Riau pada Rabu, 8 Januari 2020.  TNI juga memberangkatkan 60 pasukan teknis dan enam penerbang ke wilayah perairan Natuna. 

Baca juga:

Eks Staf Ahok Bicara soal Anies, dari Bursa Capres hingga Skill Orasi

Deretan Fakta Baru dan Mengejutkan Pembunuhan Hakim Jamaluddin

Terkait masalah Natuna, warganet di Twitter pun ramai menyuarakan pendapatnya. Bahkan tanda pagar (#) Jokowi Kawal Natuna (#JokowiKawalNatuna) menjadi trending topic di Twitter

"Ini orang sipil tapi nyali militer. @Jokowi sekali lagi tegaskan Natuna adalah teritorial kita Kedaulatan RI tidak ada tawar menawar. #JokowiKawalNatuna," tulis salah satu warganet. 

"Demi kedaulatan NKRI, kita Rakyat Indonesia siap membantu menjaga kedaulatan NKRI dari rongrongan negara asing. #JokowiKawalNatuna," tulis lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya