Jokowi Diminta Copot Menhan Terkait Natuna, Ini Respons Prabowo

Menhan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Aliansi Anak Bangsa yang juga Ketua Divisi Hukum Persaudaraan Alumni (PA) 212,Damai Hari Lubis meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencopot Prabowo Subianto dari jabatan Menteri Pertahanan periode 2019-2024. Sebab, Prabowo beda sikap soal konflik antara Indonesia dengan China di Perairan Natuna.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Ternyata, Prabowo tetap santai dan tenang, tidak marah soal adanya usulan tersebut. Meskipun, ia mengaku belum tahu siapa yang menginginkannya dicopot. Namun, Prabowo menganggap wajar di tengah era demokrasi seperti sekarang ini.

“Boleh saja. Silakan saja bicara. Kita kan negara demokrasi, orang boleh bicara apa saja," kata Prabowo, Kamis, 9 Januari 2020, dikutip dari VIVAnews.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Selain itu, Ketua Umum Partai Gerindra ini juga tidak masalah dibilang lembek oleh orang lain terkait konflik antara Indonesia dengan China di Perairan Natuna, Kepulauan Riau.

“Enggak apa-apa (dibilang lembek)," ujarnya.

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Jangan dipanasin lagi

Prabowo tetap melihat polemik di Perairan Natuna terkait cara pemerintah China bisa diselesaikan dengan baik-baik, meskipun Presiden Jokowi sudah menegaskan bahwa Natuna adalah bagian Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) yang tak bisa ditawar lagi.

"Ya kan jelas beliau katakan kedaulatan harga mati. Tapi, kita jangan kita panas-panasin ya," katanya.

Sebelumnya, Prabowo jadi sorotan karena pernyataannya terkait konflik di Perairan Natuna. Menurut dia, upaya diplomasi menjadi tahapan dengan China. Karena, China adalah sahabat sehingga bisa diselesaikan dengan baik.

“Kita selesaikan dengan baik ya, bagaimana pun China negara sahabat. Kita cool (tenang) saja,” ujar dia.

Baca juga:

Eks Staf Ahok Bicara soal Anies, dari Bursa Capres hingga Skill Orasi

Deretan Fakta Baru dan Mengejutkan Pembunuhan Hakim Jamaluddin

PA 212 tak desak Prabowo dicopot

Juru Bicara PA 212 Haikal Hassan menegaskan berita adanya permintaan supaya Presiden Jokowi mencopot Prabowo dari jabatan Menteri Pertahanan bukan pernyataan resmi dari PA 212. 

“Terkait dengan berita PA212 meminta Jokowi copot Menhan, maka bersama ini kami menyatakan berita itu bukan atas nama PA 212,” kata Haikal kepada VIVA.

Menurut dia, pernyataan Damai Hari Lubis itu atas nama pribadi, sehingga tidak ada hubungan apapun dengan PA 212. Apalagi, menurutnya, Damai sudah tidak lagi menjadi pengurus dalam struktur PA 212.

“Kami sampaikan yang bersangkutan telah dinonaktifkan dari divisi hukum sejak 6 bulan yang lalu,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya