Ayah Reynhard Sinaga Jadi DPO Dinas LHK Riau

Reynhard Sinaga
Sumber :
  • Facebook/@Reynhard Sinaga

VIVA – Reynhard Sinaga menjadi perhatian publik dunia karena melakukan perkosaan berantai di Inggris. Dia divonis seumur hidup oleh Pengadilan Manchester kaena terbukti melakukan 159 kasus perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 pria sejak awal Januari 2015-Juni 2017. 

Kapolda Riau dan Anak Buah Beri Rasa Aman dan Nyaman Pemudik saat Arus Balik, Begini Caranya

Kasus pemerkosaan yang dilakukannya bahkan disebut sebagai yang terbesar dalam sejarah Inggris. Dan setelah namanya menghebohkan dunia, kini giliran nama ayah Reynhard Sinaga, Saibun Sinaga (SS) yang juga menjadi perbincangan di Tanah Air. 

Saibun diduga terlibat masalah perambahan hutan di Riau. Tapi, dia tidak pernah hadir ketika dipanggil untuk dimintai keterangannya sebagai saksi.

Kinerja Irjen Iqbal dan Anak Buah Buat Aman Riau Dapat Apresiasi MUI

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau, Ervin Rizaldi membenarkan Saibun diduga terlibat dalam kasus perambahan hutan di Riau. Namun, ia tidak pernah datang ketika dipanggil oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Saudara SS tidak pernah hadir memenuhi panggilan. Pemanggilan itu dilakukan terkait dengan kelanjutan atas perkara dugaan perambahan hutan," kata Ervin, Jumat, 10 Januari 2020, dikutip dari VIVAnews.

Polisi Musnahkan 19 Ribu Lebih Mangga Dari Malaysia, Ini Alasannya

Makanya, kata dia, Saibun sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau alias buron. Tapi, dia buronan sebagai saksi.

"DPO sebagai saksi," ujarnya.

Saibun tidak kooperatif

Kasi Gakkum Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Agus mengatakan kasus ini muncul setelah operasi gabungan dilakukan di lokasi kawasan hutan produksi terbatas Kabupaten Indragiri Hulu, Riau pada 2017.

Menurut dia, tim telah mengamankan seorang pekerja di perusahaan milik Saibun yaitu PT Ronatama Agro Migas inisial MS. Tapi, Saibun tidak kooperatif sehingga dimasukkan sebagai DPO.

"Dari keterangann MS itulah muncul nama SS, namun yang bersangkutan tidak pernah hadir saat akan dimintai keterangan," kata Agus.

Baca juga:

Wahyu Setiawan Jadi Tersangka, Hasto Kristiyanto Segera Diperiksa KPK

Prabowo Hadiri Rakernas dan HUT PDIP, Megawati Senang

Siapa Saibun Sinaga?

Berdasarkan penelusuran VIVA, Saibun tercatat sebagai Komisaris Utama PT BPR Sayma Karya (PT Bank Perkreditan Rakyat Sayma Karya) tertanggal 25 Februari 2019. Hal itu bisa dicek di bprsaymakarya.com. Namun, informasi ini belum terkonfirmasi.

Sementara itu, putra Saibun, Reynhard ditangkap pada Juni 2017 atas kasus perkosaan. Ia memangsa pria heteroseksual muda dari kelab malam di kota Manchester, Inggris. Lalu, ia membawanya ke apartemen dengan alasan non-seksual tapi korban dibius menggunakan gamma-hydroxybutyrate (GHB). Selain itu, Reynhard merekam perbuatannya sehingga polisi mengklaim ada 195 orang korbannya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya