Empat Keluarga Jokowi Bakal Maju di Pilkada 2020?

Keluarga Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq.

VIVA – Keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meramaikan pesta demokrasi Pilkada Serentak 2020 di sejumlah daerah, yakni Gibran Rakabuming Raka, Bobby Afif Nasution, Wahyu Purwanto dan Dolly Sinomba Siregar.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Putra pertama Jokowi, Gibran akan maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Kemudian, Bobby Nasution adalah menantu Jokowi yang menikah dengan Kahiyang Ayu bakal maju jadi bakal calon Wali Kota Medan.

Selanjutnya, Wahyu Purwanto merupakan suami dari adik kandung Jokowi yang bakal ikut sebagai calon Bupati Gunung Kidul. Terakhir, Dolly Siregar adalah paman dari Bobby Nasution yang akan maju sebagai kandidat calon Bupati Tapanuli Selatan.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Berikut ulasan singkat empat keluarga Jokowi yang akan ikut dalam kontestasi Pilkada Serentak 2020.

Gibran Rakabuming Raka

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Gibran mendaftarkan sebagai bakal calon Wali Kota Solo melalui DPD PDI Perjuangan di Semarang, Jawa Tengah pada Kamis, 12 Desember 2019. Saat mendaftar, Gibran dilepas oleh Ibu Negara Iriana bersama istrinya Selvi Ananda.

Rencana majunya Gibran menuai polemik, baik internal maupun eksternal. Sebab, Gibran dinilai memanfaatkan kekuasaan sang bapak atau politik dinasti. Pasalnya, Jokowi sedang jadi Presiden RI periode kedua (2019-2024).

Bobby Afif Nasution

Bobby sudah diambilkan formulir oleh pamannya, yakni Erwan Nasution untuk ikut sebagai bakal calon Wali Kota Medan. Erwan mengambil formulir untuk keponakannya di DPC PDI Perjuangan Kota Medan.

“Kalau masyarakat Medan ini memintanya untuk maju jadi calon (Wali kota), ya dia akan maju. Kami dari keluarga masih membahas itu juga kalau memang masyarakat mendukungnya kita siap,” kata Erwan.

Baca juga:

Pengakuan Istri Tega Bunuh Hakim Jamaluddin

#PDIPMANTAPKORUPSINYA Trending, Netizen: Indonesia Masih Negara Hukum?

Imbas Banjir Jakarta, Penyewa Mal Ingin Temui Anies dan Minta Ini

Wahyu Purwanto

Wahyu merupakan mantan Rektor Universitas Gunung Kidul, Yogyakarta pada 2009 sampai 2017. Sehingga, ia terpanggil mau maju sebagai bakal calon Bupati Gunung Kidul tahun 2020.

Wahyu menikah dengan adik kandung Presiden Jokowi. Kemudian, ia pernah jadi Direktur Magister Manajemen STIE Mitra Indonesia, Yogyakarta tahun 2000 sampai 2004. 

Selanjutnya, Wahyu pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Program Magister Manajemen, STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta pada 2007 sampai 2011. Kemudian, ia bekerja di Lembaga Pengkajian Pendidikan (LPP) Edukasi Yogyakarta.

Dolly Sinomba Siregar

Partai Golkar mengusulkan besan Presiden Jokowi, Dolly Siregar untuk maju sebagai bakal calon Bupati Tapanuli Selatan pada Pilkada Serentak 2020. Dolly Siregar adalah paman Bobby Nasution.

Selain Dolly, ada Yusuf Siregar yang dicalonkan sebagai Bupati Tapanuli Selatan. Kemudian, tiga nama bakal calon Wakil Bupati Tapanuli Selatan, yakni Rahmat Nasution, Rasyid Assaf Dongoran, dan Muslim Pasaribu.

Nama-nama tersebut diusulkan ke DPD Partai Golkar Sumatra Utara, yang akan diproses dan dilanjutkan kepada DPP Partai Golkar di Jakarta untuk diputuskan siapa yang akan dicalonkan Golkar pada Pilkada Tapanuli Selatan 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya