Logo timesindonesia

Tak Melaut, Ini yang Dijalankan Nelayan Lamongan untuk Bertahan Hidup

Kapal para nelayan di kawasan Pantura Lamongan tengah sandar karena gelombang tinggi, Selasa, (14/1/2020). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Kapal para nelayan di kawasan Pantura Lamongan tengah sandar karena gelombang tinggi, Selasa, (14/1/2020). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Para nelayan di Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, ternyata sudah absen melaut cukup lama, akibat gelombang tinggi. 

"Mulai tanggal 31 Desember 2019," ujar Dwi Novian, Ketua Paguyuban Nelayan Payang Brondong, Selasa, (14/1/2020).

Gelombang tinggi yang membuat nelayan Brondong tidak melaut sesuai dengan pengumuman dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ), melalui Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, pada 11 Januari lalu. 

"Sesuai hasil internet BMKG ataupun aplikasi lainnya yang sejenis, masih tinggi gelombang dan anginnya," kata Vian sapaan akrab Dwi Novian.

kawasan-Pantura-Lamongan-b.jpg

Surat peringatan tersebut berisi tentang perkiraan akan terjadinya gelombang tinggi untuk wilayah perairan Jawa Timur. Surat peringatan tersebut berlaku mulai tanggal 12 Januari 2020 pukul 07.00 WIB hingga tanggal 13 Januari 2020 pukul 07.00 WIB. 

Surat peringatan tersebut dikeluarkan sejak adanya sirkulasi eddy yang terjadi di wilayah perairan barat Aceh. Sirkulasi tersebut mengakibatkan pola kecepatan angin baik wilayah utara maupun selatan Indonesia antara 4 hingga 25 knot.