Waspada Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda Wilayah Ini 

Hujan deras dan Banjir melanda Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Banjir terjadi di sejumlah wilayah di DKI Jakarta setelah hujan deras terjadi pada Jumat malam, 17 Januari 2020. Cuaca buruk diprediksi akan terjadi di Ibu Kota dan beberapa wilayah lainnya dalam dua hari ke depan. 

Puluhan Ribu Warga Australia Dievakuasi Saat Hujan Deras Guyur Sydney

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca yang akan terjadi sejak tanggal 18 Januari sampai 20 Januari 2020 mendatang. Ada beberapa wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Kepala BMKG Dwikorita bilang, cuaca ekstrem yang akan terjadi dua hari ke depan akibat fenomena Sirkulasi Siklonik di sekitar Kalimantan Barat (925/900 mb). Konvergensi memanjang di Pesisir Barat Sumatera dari Makasar hingga Sulawesi Tenggara, dan Papua. Selain itu, disebabkan fenomena alam berupa belokan angin yang terjadi di Sumatera bagian Tengah, Selat Karimata, dan Laut Jawa.

Waspada, Hujan Lebat dan Petir Terjadi di Sejumlah Daerah Indonesia

"Sehingga selain Jabodetabek, cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir juga berpotensi terjadi sejumlah wilayah di Indonesia lainnya," kata dia, Sabtu 18 Januari 2020, dikutip dari VIVAnews.

Potensi cuaca ekstrem tersebut akan terjadi dalam dua hari ke depan di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Papua. Dwikorita pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem tersebut.

BMKG: Hujan Es Berpotensi Terjadi hingga Maret dan April 2022

Baca juga:

Pria Begal Payudara di Bekasi Ditangkap, Begini Faktanya

Beredar Ajakan Jangan Beli Camilan Miliknya, Kaesang Malah Bersyukur

Jakarta Banjir Lagi, Warganet Teriak Toa di Mana?
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya