BMKG Peringatkan Hujan Angin dan Petir Hingga Sore Nanti

Cuaca mendung di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Jabodetabek pada Senin siang, 20 Januari 2020. Peringatan ini terkait potensi cuaca hujan lebat yang disertai angin kencang pada pukul 11.40 WIB.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Berdasarkan informasi yang dikirimkan BMKG, hujan yang terjadi juga akan menimbulkan angin kencang. Sejumlah wilayah di Jakarta yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas tinggi adalah Tanah Abang, Menteng, Johar Baru, Senen, Cempaka Putih, Kemayoran, Sawah Besar, Gambir, Matraman, Grogol Petamburan, Kebon Jeruk, Palmerah. Potensi hujan juga akan terjadi di  Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Bekasi Barat, Cikarang.

Potensi hujan akan meluas ke wilayah Kembangan, Cengkareng, Kalideres, Penjaringan, Tambora, Tamansari, Pademangan, Pulogadung, Kelapa Gading, Tanjung Priok, Cakung, Cilingcing, Koja, Lemahabang, Cibitung, Tambun, Babelan, Tarumajaya, Tambelang, Sukatani, Serang, Setu, Bantargebang, Jatiasih, Pondok Gede, Cipayung, Makasar, Duren Sawit, Jatinegara.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Sementara di wialayah Jakarta Selatan, hujan akan berpotensi terjadi di wilayah Tebet, Setiabudi, Pancoran, Pasar Minggu, Kramat Jati, Pasar Rebo, Ciracas, Cimanggis, Jagakarsa, Cilandak, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan.

Meluas ke wilayah Ciputat, Pondok Aren, Ciledug, Pesanggrahan, Benda, Batuceper, Cipondoh, Serpong, Pamulang, Limo, Legok, Beji, Pancoranmas, Sukmajaya, Gunung Putri, dan sekitarnya. Kondisi potensi hujan deras masih akan berlangsung hingga pukul 14.20 WIB.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Sebelumnya, hujan deras terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta pada Senin pagi. Hujan terjadi dengan intensitas sedang dan lebat, disertai kilat, petir dan angin kencang. Hujan merata sejak pukul 09.20 WIB. Masyarakat yang ingin beraktifitas di luar rumah, diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Dikutip dari laman BMKG sebelumnya, siang nanti hujan ringan mengguyur Jakarta Barat, Jakarta Pusat.

Wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, diprakirakan berawan. Saat malam dan dini hari, enam wilayah Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu diprediksi berawan.

Suhu di Ibu Kota pada hari ini berkisar antara 24 derajat sampai 31 derajat Celcius. Adapun kelembaban di DKI Jakarta berkisar dari 80 - 95 persen.

Sementara itu, untuk wilayah sekitar Jakarta seperti Kota Bekasi, juga diprediksi akan hujan ringan saat siang dan malam. Sedangkan untuk Kota Bogor dan Kota Depok, diramal cuacanya berawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya