Kapal Wartawan Istana Tenggelam di Labuan Bajo, Begini Kronologinya

Kapal yang membawa wartawan Istana diIsti
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kapal Plataran Pinisi Bali yang membawa rombongan wartawan Istana dan pegawai Biro Pers Media Istana Kepresidenan tenggelam di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa, 21 Januari 2020. Semua penumpang kapal tersebut dalam kondisi selamat. 

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Semua wartawan dan Anak Buah Kapal (ABK) yang menjadi penumpang tersebut selamat," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam keterangannya, dikutip dari VIVAnews. 

Para wartawan tersebut meliput kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo sejak Minggu, 19 Januari 2020 hingga hari ini. 

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Menurut Bey, musibah itu terjadi di luar agenda kepresidenan lantaran setelah acara berakhir, berupa penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat pada Selasa pagi, Kepala Negara dan istri langsung ke Bandara Komodo untuk kembali ke Jakarta. Sementara wartawan memilih ke dermaga dan menaiki kapal menuju Pulau Bidadari. 

Bey menuturkan, saat berada di tengah laut dalam perjalanan kembali dari Pulau Bidadari, musibah itu terjadi. Kapal terbalik diduga akibat ombak tinggi dan angin kencang. 

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

"Dalam perjalanan kembali dari Pulau Bidadari, saat berada di tengah laut, Desca salah satu wartawan yang ikut menyampaikan terjadi perubahan cuaca mendadak, yaitu ombak tinggi dan angin kencang, sehingga kapal terbalik," tuturnya. 

Saat kejadian itu, Bey menjelaskan, petugas pantai di Hotel Plataran yang melihat langsung menuju ke lokasi menggunakan speedboat. Setelahnya, para wartawan dibawa ke Hotel Plataran dan langsung diperiksa leh tim dokter dari Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo. 

Adapun kapal yang terbalik tersebut bukan kapal yang digunakan Presiden saat berada di Labuan Bajo. Kapal yang ditumpangi wartawan digunakan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada Senin, 20 Januari 2020. 

Sementara para wartawan Istana, seperti Edho Ferdihanzah (TVRI), Krismastianto Baruno Suryokusumo (Berita Satu TV), Agus Rahmat (Vivanews.com), Lizsa Egeham (Liputan6.com), Desca Lidya Natalia (LKBN Antara), Nina Susilo (Kompas), dan Anindyka Pribadi (SCTV) pun akhirnya meninggalkan Labuan Bajo menuju Jakarta menggunakan pesawat pukul 15.40 WITA. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya