Heboh Pohon Menangis di Jember, Ini Faktanya

Pohon menangis di Jember
Sumber :
  • tvOne

VIVA –  Sebuah pohon akasia di Dusun Krajan, Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur, membikin heboh. Pohon berusia 11 tahun itu dipercaya mengeluarkan suara perempuan menangis dan merintih.

Film Spesial Para Perintis Kemerdekaan Tayang Akhir Pekan di tvOne

Ratusan warga pun berbondong-bondong mendatangi lokasi pohon yang menangis. Mereka silih berganti menempelkan telinganya ke pohon tersebut untuk mendengar suara menangis. 

Ada pengunjung yang mengaku mendengar suara menangis, ada juga tidak mendengar suara apapun. 

Film Spesial Arie Hanggara Tayang di tvOne 26 Desember 2021

Sementara pemilik pohon, Mawardi mengaku pohonnya sudah mengeluarkan tangisan sejak lima tahun lalu. Bahkan suaranya kadang terdengar hingga ke rumahnya yang berjarak sekira 20 meter dari letak pohon.

"Kalau menangis tidak kenal jam, kalau dia mau nangis ya menangis. Suaranya seperti tangisan anak kecil," ujarnya dikutip dari tvOne, Kamis 24 Januari 2020. 

Pendapatan VIVA Tumbuh Jadi Rp920,3 Miliar pada Semester I-2021

Bahkan suaranya kadang terdengar hingga ke rumahnya yang berjarak sekira 20 meter dari letak pohon. Kabar tentang pohon yang disebut mengeluarkan suara menangis itu viral setelah anak si pemilik lahan memberitahukannya kepada teman-temannya. 

Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal, menyatakan akan melakukan penyelidikan terkait dengan hebohnya pohon yang mengeluarkan suara tangisan. 

"Kami akan mengamankan lokasi dengan memasang police line, hal ini menghindari hal-hal yang mistik atau magis. Dan kami akan bekerja sama dengan ahli biologi untuk berpikir secara riset dan logis," kata AKBP Alfian. 

Menurutnya, dari hasil laporan ahli Biologi Universitas Jember, saat ini pohon sedang menghasilkan makanan.

"Sehingga di musim hujan ini di batangnya ada getaran dan bunyi yang mirip dengan tangisan. Selain itu ada gesekan antara phon Akasia dan Pohon Kelapa yang ada saling berdekatan," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya