Fakta Baru Keberadaan Keraton Agung Sejagat, Terkecoh Air Suci

Sendang Kamulyan, tempat ritual keraton agung sejagat
Sumber :

VIVA – Sembilan hari sejak penangkapan Toto Santoso (42 tahun) dan Fanni Aminadia (41 tahun) pendiri Keraton Agung Sejagat (KAS) di desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jawa Tengah, sejumlah fakta baru terus diungkap polisi.

Polisi Sebut Laporan Roy Suryo soal Petinggi Sunda Empire Dilanjutkan

Salah satunya yakni ada semacam ritual penyucian diri bagi para pengikut kerajaan abal-abal tersebut.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Polisi Iskandar Fitriana Sutisna, fakta tersebut terungkap  dari pemeriksaan pelaku serta para saksi yang merupakan pengikut Keraton Agung Sejagat.

Cerita Gaib Mantan Istri Raden Ranggasasana, Petinggi Sunda Empire

Sendang Kamulyan namanya. Ritual aneh tersebut dilakukan di sebuah sendang sakral yang sengaja dibangun di lokasi keraton. Pemilihan harinya pun khusus setiap hari pasaran Jawa yakni Kliwon. 

"Ya mereka melakukan setiap Kliwon, misal Kamis Keliwon, Jumat Keliwon Selasa Kliwon untuk membersihkan diri mereka di kolam suci tersebut," jelas Iskandar di Semarang, Kamis, 23 Januari 2020 dilansir dari VIVAnews.

Polisi Dalami Heboh 'Kerajaan' King of The King di Tangerang

Tempat berendam

Kolam tersebut digunakan oleh pengikutnya sebagai tempat mereka berendam. Di sisi-sisi itu ada raja dan ratu yakni Toto dan Fanni, sedangkan untuk sisi timur untuk laki-laki dan sisi barat untuk perempuan. Sebelum ritual itu dilakukan juga ditaburi bunga-bunga terlebih dahulu.

Setelah melakukan ritual membersihkan diri dari kolam suci tersebut, mereka melanjutkan dengan membakar dupa yang tempatnya berdekatan dengan  kolam suci. Para pengikut ini kemudian melanjutkan ritual di sebuah batu yang menurut mereka dianggap sebagai batu bersejarah peninggalan kerajaan Mataram.

"Jadi ada urut-urutannya, mereka melakukan ritual di kolam suci, membakar dupa dan dilanjutkan ke batu yang dianggap mereka bersejarah," katanya. 

Hanya air biasa

Sementara salah satu mantan pengikut KAS, Setyono Eko Pratolo, mengungkapkan bahwa air sendang Kamulyan sebenarnya hanyalah sendang biasa. Tidak ada kaitannya dengan hal-hal mistis. 

"Itu airnya biasa mas. Air kali," ujarnya saat dikonfirmasi secara terpisah.

Menurut Eko, sendang tersebut tak mempunyai khasiat apapun. Dulu memang ia percaya sendang tersebut karena termakan omongan palsu dari para petinggi keraton.

Bahkan saat itu banyak anggota KAS yang berbondong-bondong mengambil air sendang tersebut untuk dibawa pulang dan percaya akan khasiatnya.

"Konon katanya itu membawa keberkahan, rezjeki, penyembuh penyakit, tapi semua itu bohong, enggak ada," ujar Eko yang juga sebagai perangkat desa Pogung Jurutengah tersebut.

Prasasti palsu

Berdasarkan temuan Polda Jawa Tengah, selain sendang suci palsu, ada sebuah prasasti batu sejarah yang ternyata juga abal-abal.

Batu tersebut diambil dari salah satu gunung yang ada Puworejo. Dimana gambar dan tulisan tersebut adalah hasil karya diri seorang pemahat yang bernama Empu Wijoyo Kusumo yang saat ini masih hidup. Motif pahatan yang ada di batu tersebut juga mencontoh motif yang ada di internet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya