Jokowi Ungkap Kendala Evakuasi WNI dari China

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Sejumlah negara telah melakukan evakuasi warganya di Wuhan, Provinsi Hubei, China seiring dengan bertambahnya jumlah korban jiwa dan terinfeksi akibat virus corona. Data terbaru, ada 132 korban jiwa dan hampir 6.000 orang terinfeksi virus corona di negeri tirai bambu itu. 

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Namun hingga kini, pemerintah belum memulangkan warganya ke Tanah Air. Padahal, sejumlah warga negara Indonesia (WNI) di sana berharap bisa segera dipulangkan. Bahkan, TNI AU sudah menyiapkan tiga pesawat dan tenaga medis jika diinstruksi untuk melakukan evakuasi WNI dari Wuhan. 

Tapi ternyata evakuasi WNI dari beberapa kota di China belum bisa dilakukan karena menghadapi kendala. Presiden Joko Widodo alias Jokowi bilang pemerintah punya opsi untuk mengevakuasi WNI di Wuhan dan beberapa kota lainnya di China yang terpapar virus mematikan tersebut.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

"Pemerintah memiliki opsi untuk evakuasi, tetapi sekali lagi, kota-kota itu masih dikunci," kata dia saat berknjung ke Puskesmas Cimahi Selatan, Cimahi, Jawa Barat, Rabu 29 Januari 2020, dikutip dari VIVAnews

Namun WNI di Wuhan dan 15 kota lainnya belum bisa dipulangkan karena kota-kota tersebut masih diisolasi. Akibatnya, sulit masuk atau ke luar kota itu sulit karena aksesnya ditutup. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Terpenting, menurut dia, komunikasi antara WNI dan KBRI di sana berjalan lancar. Pemerintah pun berjanji akan memberikan solusi terhadap keterbatasan logistik di sana dalam lima hari ke depan. Dia juga megingatkan para WNI untuk waspada dan hati-hati terhadap penyebaran virus corona. 

"Terpenting kita waspada, hati-hati," ujarnya. 

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid pun meminta keseriusan pemerintah dalam menangani wabah virus corona yang datang dari wilayah Wuhan, China. Dia bilang, sejumlah negara seperti Amerika, Jepang dan Jerman lebih sigap dalam menangani keselamatan warganya dengan melakukan evakuasi dari sarang virus mematikan tersebut.

"Itulah karenanya kalau Amerika diizinkan padahal dia musuh dagangnya China, masa Indonesia enggak diizinkan?" kata dia.

Karena itu, menurut dia, saat ini soal evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Hubei, khususnya Wuhan, menjadi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan gubernur DKI Jakarta itu ingin mengevakuasi WNI atau tidak. 

"Sekarang bola ada di tangan pak Jokowi," ujar politikus PKS itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya