Soal Virus Corona Kemenkes Sudah Siapkan 100 RS Rujukan

RSPI Sulianti Saroso
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bimo Aria

VIVA – Mempersiapkan antisipasi penyebaran vrus corona, anggota Komisi IX DPR melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Pusat Infekso (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta Utara hari ini Rabu 29 Januari 2020. Kedatangan Wakil Ketua Komisi IX dan beberapa anggota komisi IX ke RSPI ini untuk memastikan kesiapan rumah sakit dalam menangani wabah virus Corona Wuhan (2019-nCoV).

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

"Kami mengunjungi dan ingin memastikan kesiapan penanganan maupun pencegahan dari apa yang hari ini jadi kekhawatiran kita semua virus corona," kata Wakil Komisi IX, Emmanuel Melkiades Laka Lena di Lobby RSPI Jakarta, Rabu petang 29 Januari 2020. 

Dia melanjutkan kedatangannya ke RSPI yang merupakan salah satu dari 100 rumah sakit rujukan untuk penanganan virus corona Wuhan ini sudah siap untuk menangani jika ada pasien yang terpapar virus corona. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Kami pastikan bahwa komisi IX sudah mengecek Kemenkes dan rumah sakit sangat siap untuk mengantisipasi dan menangani soal merebaknya isu dan penyakit di Indonesia," kata dia. 

Di sisi lain, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG (K), MARS menjelaskan bahwa Kemenkes telah siap menangani kasus corona Wuhan baik dari sisi sistem hingga fasilitas untuk mengatasi persoalan-persolan mobile corona imi. 

Si Jago Merah Mengamuk di Rumah Duka RSPI Sulianti Saroso, Ini Penyebabnya

"Kemenkes sudah siapkan 100 rumah sakit rujukan dengan fasilitas yang siap memberikan pelayanan," kata Bambang.

Bambang juga menjelaskan bahwa pihak Kemenkes sudah menyediakan sistem informasi komunikasi berupa hotline 24 jam yang berkaitan dengan corona. 

"Laboratorium juga siap. Untuk laboratorium konfirmasi diselenggarakan oleh Litbangkes Kementerian Kesehatan sudah siap untuk melakukan pemeriksaan 24 jam," kata Bambang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya