Bakrie Center Foundation Bina Warga Pondok Cabe Bentuk Bank Sampah

Perkumpulan Bank Sampah Tangerang Selatan
Sumber :
  • VIVA/ Rifki Arsilan

VIVA – Bakrie Center Foundation atau BCF bekerjasama dengan Komunitas Darlingqu hari ini, Sabtu, 1 Februari 2020 meresmikan Bank Sampah di lingkungan masyarakat Jalan Kemiri RT.05/RW.05, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Project Officer Leadership Experience and Development Program (LEAD) Indonesia Antin Agustin menjelaskan, BCF telah membuat program LEAD Indonesia yang memang dikhususkan untuk melakukan pembinaan bagi para pegiat sosial. Kali ini, lanjut Antin, BCF melalui Lead Indonesia melakukan pembinaan terhadap masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan dengan cara mengelola sampah rumah tangga di lingkungan terdekat.

Ia menambahkan, peresmian Bank Sampah yang melibatkan masyarakat ini sebagai pintu masuk awal bagi BCF untuk melakukan pembinaan terhadap anak-anak jalanan di Tangerang Selatan agar juga dapat peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

"Ke depannya juga selain melibatkan masyarakat, kegiatan sosial ini akan melibatkan anak-anak jalanan. Karena yang jadi tujuan kami sebenarnya adalah melakukan pemberdayaan anak-anak jalanan dengan pengelolaan lingkungan. Jadi intinya kita mulai dari Bank Sampah melibatkan masyarakat dulu, kalau masyarakat sudah berjalan, target selanjutnya adalah pendampingan anak-anak jalanan," kata Antin Agustin kepada Vivanews di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Sabtu 1 Februari 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Darlingqu, Emil menyambut baik pendampingan masyarakat yang dilakukan oleh BCF melalui Program Lead Indonesia. Menurut Emil, kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga di Tangerang Selatan masih sangat minim. Kerjasama ini, lanjut Emil, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Tangerang Selatan untuk mengelola sampah rumah tangga di lingkungan sekitarnya.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

"Karena kalau bukan kita-kita yang mengurusi sampah nanti kita-kita yang bisa kena imbasnya. Kita juga yang akan kena dampaknya kalau terjadi banjir, atau yang lainnya," kata Emil.

Wakil Ketua DPRD Tangerang Selatan Iwan Rahayu yang turut hadir dalam acara peresmian Bank Sampah Darlingqu ini juga mengapresiasi kerjasama yang dilakukan Bakrie Center Foundation dengan komunitas Darlingqu di Tangerang Selatan ini.

Menurut Iwan, persoalan sampah di Tangerang Selatan memang tidak hanya bisa diserahkan sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan saja, tapi harus melibatkan seleruh elemen masyarakat.

"Masalah sampah ini harus menjadi perhatian kita bersama. Masyarakat harus belajar mengelola sampah rumah tangganya. Kami di dewan, khususnya Fraksi PDIP akan mendukung penuh program sosial masyarakat dalam pengelolaan lingkungan seperti ini," kata Iwan Rahayu.

Turut hadir dalam acara Perayaan Tahun Baru lmlek 2571 dan  peresmian Bank Sampah Darlingqu sejumlah tokoh di Tangerang Selatan, diantaranya Ketua DPC PDI Perjuangan Tangsel, Wanto Sugito, Ketua Bank Sampah Tangsel Wakidi, Ketua Bank Sampah Pelita Ani Bersik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya