Gempa Tasik Terasa Sampai ke Sukabumi

VIVAnews -- Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter (SR) yang mengguncang Tasikmalaya, Jawa Barat, juga dirasakan sebagian warga Kota dan Kabupaten Sukabumi pada Minggu pagi 10 Januari 2010.

Informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa cukup besar itu terjadi sekitar pukul 07.25 WIB di lokasi 8.02 LS-107.91 BT (84 km Barat Daya Tasikmalaya), dengan kedalaman 14 kilometer.

Salah seorang warga Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Budiyanto (35) mengatakan dirinya merasakan adanya gempa yang cukup besar tersebut. "Pada saat gempa terjadi saya sedang tidur-tiduran di kamar. Tiba-tiba, terjadi guncangan, dan saya langsung terbangun," katanya.

Menurut dia, gempa yang dirasakannya itu cukup besar, dan hanya dirasakan beberapa detik. Warga lainnya di Desa Cigunung, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Adit (26) mengatakan, dirinya juga merasakan gempa yang cukup besar itu.

"Meskipun pusat gempa berada di Tasikmalaya, namun guncangannya cukup besar. Bahkan, ibu-ibu yang sedang melakukan pengajian di mushola berhamburan ke luar rumah," kata Adit yang juga ke luar rumah karena khawatir guncangan gempa akan merusak bangunan rumah.

Sementara itu, warga lainnya di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Iman (29) mengatakan, tidak terlalu merasakan adanya gempa tersebut. "Pada saat gempa terjadi saya sedang terlelap tidur. Jadi, tidak merasakan guncangan gempa," katanya.

Hingga kini belum ada laporan tentang kerusakan rumah akibat gempa itu.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”
Direktur BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo

Panduan Singkat Terlindungi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan dasar melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024