Kawasan Monas yang Gundul Kini Ditanami Pohon Lagi

Revitalisasi Monas
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat yang ratusan pohon ditebang untuk revitalisasi, sekarang sudah ada beberapa pohon yang mulai ditanami kembali. 

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengatakan, bahwa pohon yang di tanaman di kawasan Monas itu Pohon Pule. Pohon ini dari jenis tanaman keras yang hidup di pulau Jawa dan Sumatra. 

Memang, dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI hanya merekomendasikan jenis pohon untuk di tanami di lokasi area revitalisasi Monas tersebut. 

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

"Rekomendasi iya karena kan di dalam rekomendasi itu pergantian pohon. Harus berapa banyak itu kan kita keluarkan rekomendasi," kata Suzi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 6 Februari 2020 dilansir dari VIVAnews

Ia menjelaskan, bahwa untuk pengelolaan Monas itu menjadi kewenangan Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta. Jadi, Dinas Pertamanan tidak punya ikut campur soal itu. 

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

"Monas di bawah Dinas Pariwisata. Tidak ada lagi campur tangan Dinas Pertamanan sejak tahun 2015. Jadi saya secara aturan hanya mengeluarkan rekomendasi saja," tuturnya.

Namun, Suzi enggan membicarakan soal masalah desain revitalisasi Kawasan Monas Jakarta tersebut, sebab itu merupakan kewenangan dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan. 

"Saya tidak mau bicara desain karena desain itu bukan kewenangan saya karena itu ada di Dinas Citata," kata Suzi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya