Bendungan Katulampa Waspada, Prediksi Wilayah Jakarta yang Tergenang

Banjir di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat pada Kamis, 2 Januari 2020.
Sumber :
  • tmc polda metro

VIVA – Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta menyatakan status waspada Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, per waktu 18.46 WIB, hari ini. Bendungan yang berfungsi sebagai alat informasi peringatan dini banjir ke Jakarta, telah memprediksi masuknya air dalam jumlah besar ke sejumlah wilayah.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

"Antisipasi ± (kurang lebih) 6 - 9 Jam ke depan Air akan sampai di PA (pintu air) Manggarai," tulis laporan tersebut, Jumat 7 Februari 2020 dilansir dari VIVAnews.

Adapun wilayah yang akan tergenang diprediksi meliputi; Srengseng Sawah, Rawajati, Pengadegan, Cikoko, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu dan Manggarai.

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

Dinas Sumber Daya Air pun menyatakan, pihaknya telah menginstruksikan ke seluruh Lurah agar segera disosialisasikan kepada masyarakat yang ada di wilayahnya.

"Penyebaran Informasi melalui Peringatan Dini Disaster Early Warning System (DEWS), lintasan Sungai Ciliwung sudah diaktifkan. kenaikan tinggi muka air Bendung Katulampa 90 cm/Gerimis."

14 RT dan 15 Ruas Jalan di Jakarta Masih Terendam Banjir

Dalam laporan berbeda, BPBD DKI Jakarta, menyatakan bahwa malam ini sejumlah wilayah di Ibu Kota akan mengalami hujan dengan intensitas sedang. Untuk kondisi pintu air di Jakarta dikatakan masih dalam keadaan normal. Masyarakat tetap diminta mengantisipasi banjir atau longsor.

Petugas gabungan memasang bronjong mencegah banjir kali hek kramat jati

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

BPBD DKI Jakarta memasang bronjong atau tumpukan batu kali di Hek kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur untuk menangani limpasan air atau banjir di daerah itu.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024