Kemenkes Bantah 6 WNI dari Singapura Terinfeksi Virus Corona

Virus Corona.
Sumber :
  • Science Alert

VIVA – Kementerian Kesehatan RI memastikan bahwa enam warga negara Indonesia tidak terinfeksi virus corona. Kondisi enam WNI itu sudah diperiksa oleh Tim Reformasi Birokrasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjung Pinang.

Update COVID-19 Hari Ini 6 Maret 2022: Kasus Positif Tambah 24.867

Hasil pemeriksaannya, tak ada gejala yang mengindikasikan infeksi virus corona. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Yurianto.

"Tim KKP dan Dinkes Tanjungpinang telah menemui enam orang tersebut. Semua orang atau pelaku perjalanan yang disebut dalam laporan tersebut dapat ditemui, dianamnesis dan diperiksa. Hasil pemeriksaan tidak menunjukkan demam dan tidak sesak napas," ujar Yurianto melalui pernyataan resmi, dikutip VIVA, Minggu 9 Februari 2020.

Kasus COVID-19 Terus Turun, Indonesia Sudah Lewati Gelombang 3?

Yurianto membantah bahwa enam WNI tersebut berstatus suspect. Sebab, suspect merupakan orang yang memiliki kondisi tidak sehat dan tengah menunggu hasil pemeriksaan kondisinya.

Ia menjelaskan, protokol dari Badan Organisasi Dunia (WHO) menyatakan bahwa seseorang yang berstatus suspect tak dapat melakukan perjalanan lintas negara. Maka diimbau agar masyarakat tak mudah percaya dengan berita yang tengah viral di media sosial tersebut.

Kemenkes: Pandemi RI Masuk Praendemi saat Kasus COVID Terkendali

"Sehingga enam orang tersebut tidak mungkin dalam status suspect," jelasnya.

Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker.

COVID-19 Menuju Endemi, Aturan Wajib Masker Akan Dihapus?

Sesuai arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Indonesia tengah bersiap menuju endemi COVID-19.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022