VIVA Militer

Penyelamatan Dramatis, 7 Prajurit Kostrad Terjun ke Laut Maluku

Prajurit Kostrad TNI selamatkan Dedi dari lautan.
Sumber :
  • TNI AD

VIVA – Sungguh luar biasa, tujuh prajurit Tentara Nasional Indonesia dari Komando Strategis Angkatan Darat atau Kostrad baru saja membuat sebuah penyelamatan gemilang.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Penyelamatan itu terjadi kemarin, Minggu 9 Februari 2020. Berdasarkan informasi yang disiarkan di akun resmi TNI Angkatan Darat, Senin 10 Februari 2020 seperti dikutip VIVA Militer, diceritakan penyelamatan terjadi di tengah lautan ganas di Perairan Laut Banda, Selatan Pulau Buru, Maluku.

Semua berawal dari kecelakaan yang dialami penumpang Kapal Rafles bernama Dedi Bagus Setiawan. Pria berusia 24 tahun itu pada pukul 16:45 WIB, disebutkan secara tak terduga jatuh ke laut ketika sedang berdiri di pinggir pagar kapal yang sedang berlayar.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Ketika Dedi bagus jatuh ke lautan, seorang penumpang yang melihat kejadian itu langsung berteriak minta tolong ke penumpang lainnya.

Di saat bersamaan di atas kapal itu ada 7 prajurit TNI AD yang juga sedang dalam perjalanan bertugas menuju Timika, Papua.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Prajurit Kostrad TNI selamatkan Dedi dari lautan.

Mereka yakni Prada Wiliam, Prada Laode, Prada Lahasdin, Prada Musa, Prada Marman, Prada Wahyudi dan Prada Arjan.

Setelah mendengar teriakan minta tolong itu, ketujuh prajurit Kostrad langsung berlari menuju haluan tempat posisi korban jatuh ke laut.

Dari atas geladak kapal terlihat jelas korban dalam kondisi tak baik. Dia tampak berusaha menyelamatkan diri dari ganasnya gelombang.

Tanpa harus diperintah, ketujuh prajurit TNI itu langsung beraksi. Mereka terjun ke lautan untuk menyelamatkan korban. Proses penyelamatan benar-benar berlangsung dramatis hingga akhirnya berkat keberanian dan naluri kemanusiaan yang tinggi, ketujuh prajurit TNI itu berhasil menyelamatkan nyawa Dedi.

Korban dievakuasi ke atas kapal sebelum tenggelam dan kehabisan napas. Korban hanya mengalami syok ringan dan luka-luka ringan. Sungguh penyelamatan yang patut diapresiasi. Mereka rela bertaruh nyawa melawan gelombang demi menyelamatkan warga Raha, kecamatan Katobu, Kabupaten Muna Selatan, Sulawesi Selatan.

Baca: Terjebak di Pesiar Mewah Bervirus Corona, 78 WNI Dijanjikan Uang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya