Gunung Merapi Erupsi, Status di Level Waspada

ILUSTRASI Gunung Merapi, Image By : petrasawacana.wordpress.com
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Gunung Merapi alami erupsi, Kamis 13 Februari 2020 pagi. Erupsi Gunung Merapi ini terjadi pada pukul 05.16 WIB.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo 75mm dengan durasi 150 detik

"Tinggi erupsi lebih kurang 2.000 meter. Arah angin ke barat laut," ujar Hanik dalam keterangan tertulisnya yang dilansir dari VIVAnews.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Hanik menjabarkan secara visual Gunung Merapi terlihat jelas pada pagi ini. Asap kawah, sambung Hanik, teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 100 meter di atas puncak Gunung Merapi.

Hanik memaparkan dalam periode pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, Gunung Merapi mengalami 4 kali kegempaan guguran. Tercatat memiliki amplitudo 2-15 mm dengan durasi 37.3 hingga 72.5 detik.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

"Kegempaan hybrid atau fase banyak berjumlah 5. Amplitudo 2-13 mm, S-P: 0.2-0.6 detik durasi 7-11.3 detik," tutur Hanik.

Hanik menambahkan status Gunung Merapi saat ini masih berada di level waspada atau level II. Status waspada ini ini sudah ditetapkan sejak 21 Mei 2018 yang lalu.

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024