Mantan Sekretaris MA, Nurhadi Masuk Daftar Pencarian Orang

Eks Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi menerbitkan surat Daftar Pencarian Orang dan surat perintah penangkapan untuk Mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi dan dua tersangka lain, dalam kasus suap dan gratifikasi terkait penanganan perkara di MA Agung pada  2011-2016, yakni Rezky Herbiyono dan Hiendra Soenjoto. 

Polres Labusel Ungkap Jaringan Narkoba Dikendalikan Wanita Paruh Baya

"KPK terbitkan DPO dan surat perintah penangkapan untuk Nurhadi dan kawan-kawan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 13 Februari 2020 dilansir dari VIVAnews.

Ali menjelaskan, dalam proses penerbitan DPO, tim KPK telah mengirimkan surat pada Kapolri pada Selasa, 11 Februari 2020 untuk meminta bantuan pencarian dan penangkapan terhadap para tersangka tersebut.

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Penerbitan surat DPO dilakukan setelah sebelumnya KPK telah memanggil para tersangka secara patut. Namun ketiganya tidak pernah hadir memenuhi panggilan tersebut.

"Sesuai ketentuan pasal 112 ayat (2) KUHAP, tekait dengan hal tersebut, selain mencari, KPK juga menerbitkan surat perintah penangkapan," kata Ali.

Viral Donna Harun Disebut Jadi Tersangka dan DPO Kasus Penistaan Agama, Polisi Bantah

Ali menegaskan, KPK akan bertindak tegas sesuai hukum yang berlaku terhadap pihak-pihak yang tidak koperatif. Tak hanya itu, KPK juga mengingatkan ancaman Pasal 21 Pemberantasan Korupsi tentang menghalang-halangi proses hukum dengan ancaman pidana minimal penjara 3 tahun dan paling lama 12 tahun dan atau denda paling sedikit Rp 150 juta dan paling banyak Rp 600 juta.

"Kami ingatkan kembali agar para saksi yang dipanggil KPK bersikap koperatif dan pada semua pihak agar tidak coba-coba menghambat kerja penegak hukum," imbuhnya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim menetapkan Yudi Utomo Imarjoko sebagai tersangka penggelapan dalam jabatan dan pencucian uang. Ia ahli nuklir UGM.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024