Heboh Komplek Perumahan di Serpong Terpapar Radiasi Nuklir

Tanah kosong terpapar radiasi nuklir
Sumber :
  • ANTARA/M Iqbal

VIVA – Warga Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan pantas waspada dengan penemuan Badan Pengawas Teknologi Nuklir (Bapeten). Ternyata, di sebuah tanah kosong yang berada di samping lapangan voli perumahan ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi.

6 Angkatan Laut Paling Kuat di Dunia, Pernikahan Habib Rizieq

"Pada saat dilakukan pemantauan di lingkungan Perumahan Batan Indah, ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di lingkungan area tanah kosong samping lapangan voli blok J," tulis pernyataan resmi dari Bapeten pada Jumat 14 Februari 2020.

Menanggapi temuan itu, Bapeten kemudian melakukan pemeriksaan ulang dan memang benar ditemukan nilai paparan radiasi yang tak wajar. Berkoordinasi dengan Ketua RT setempat, Bapeten segera memasang garis pembatas agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

5 Militer Terkuat di Dunia Tanpa Senjata Nuklir, Indonesia Nomor Berapa?

Menurut Kepala Biro Hukum Bapeten Indra Gunawan, telah diambil sampel dari tanah kosong tersebut untuk dilakukan analis di Laboratorium PTKMR-Batan. Lalu pada tanggal 7 dan 8 Februari ditemukan penyebabnya yakni serpihan sumber radioaktif. 

“Berdasarkan hasil tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi kontaminasi yang sifatnya menyebar di area tersebut, dan perlu dilakukan kegiatan dekontaminasi dengan cara pengambilan/pengerukan tanah yang diduga telah terkontaminasi dan pemotongan pohon atau pengambilan vegetasi yang terkontaminasi,” kata Indra.

Keras! Presiden Rusia Vladimir Putin: Kami Siap Gunakan Nuklir

Setelah proses dekontaminasi, paparan memang menurun signifikan, tetapi tetap di atas nilai normal. Maka dekontaminasi masih perlu dilanjutkan sehingga diperoleh nilai laju paparan kembali normal. Dan yang terpenting tentu menjaga area tersebut dari jangkauan warga.

“Untuk alasan keselamatan, warga diimbau untuk tidak memasuki lokasi terdampak kontaminasi hingga batas trotoar dan lapangan voli (Perumahan Batan Indah),” pesan Indra.
 

VIVA Militer: Serangan rudal rudal 3M22 Tsirkon (Zircon) militer Rusia

Ternyata Rusia Gunakan Rudal Termonuklir Buat Bombardir Ibukota Ukraina

Hulu ledaknya jatuh di pemukiman warga sipil.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024