Ada Artefak Rasulullah SAW di Banten

Wapres Ma'ruf Amin meresmikan pameran artefak Rasulullah SAW di Banten.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Ada artefak peninggalan Rasulullah Nabi Muhammad SAW dipamerkan di Banten. Pameran ini diresmikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin, sekaligus membuka Festival Jelajah Nusantara yang berlokasi di Museum Purbakala Kesultanan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.

Deretan Fitnah Dajal di Akhir Zaman yang Harus Diwaspadai oleh Manusia

Festival ini rencananya akan berkeliling di 18 daerah yang ada di Indonesia. "Acara seperti ini bisa menjadikan pembelajaran bagi masyarakat, supaya lebih mengenal Rasulullah SAW dan para sahabat, serta bisa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari," katanya di Serang, Banten, Minggu, 16 Februari 2020.

Menurut mantan Rais Am PBNU dan Ketua MUI ini peninggalan Rasulullah SAW dan para sahabat bisa menjadikan pembelajaran bagi masyarakat, terutama generasi muda saat ini agar bisa mencontoh suri tauladan dan kepribadian Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara dapat lebih maju.

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

"Artefak ini mempunyai kedudukan penting bagi umat Islam yang lahir setelah beliau wafat sehingga dapat mengenalnya lebih nyata. Dan, dengan ini pula umat islam dapat berharap keberkahan, seperti yang dilakukan para sahabat dan dengan pulanya umat Islam dapat mengambil pelajaran merawat artefak sejarah," ungkap wapres.

Pemilihan Museum Kesultanan Banten yang berada di komplek situs Kesultanan Banten dan Masjid Agung Kesultanan Banten, lantaran kerajaan Islam yang pernah berjaya itu pada jamannya memiliki jaringan yang luas dengan kerajaan Islam lainnya. Bahkan disegani oleh Kerajaan Islam lainnya di dunia pada masanya.

Luar Biasa, Ternyata Ini Tugas Nabi Muhammad SAW Diutus ke Dunia

Selain itu dekat museum terdapat makam-makam para Sultan Banten beserta para keluarga, sehingga tak hanya berziarah, namun wisatawan juga bisa mengunjungi pameran artefak Rasulullah dan para sahabatnya di Museum Kesultanan Banten.

"Kesultanan Banten telah dikenal luas sebelum Indonesia merdeka, bahkan memiliki jaringan luas sampai ke Turki. Memiliki banyak tokoh agama yang besar. Oleh karena itu, pameran artefak Rasulullah SAW ini bisa menjadi berkah bagi Indonesia," jelas Wapres Maruf Amin.

Ilustrasi bergosip/gibah.

Jaga Mulut! Ini Alasan Mengapa Dosa Ghibah Lebih Besar Dibandingkan Zina

Dalam Surat Al-Hujurat ayat 12, dikatakan bahwa menyampaikan keburukan atau aib (ghibah) seseorang sama dengan memakan daging bangkai saudara kita sendiri.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024