Kali Bekasi Siaga 1, Warga di Bantaran Diminta Lebih Waspada

Banjir di Bekasi, Minggu sore 16 Februari 2020
Sumber :

VIVA – Hujan yang mengguyur Kota Bekasi seharian, Kali Bekasi ditetapkan siaga 1. Sebab, tinggi muka air sudah mencapai 560 sentimeter di lokasi pertemuan dua sungai Pondokgede Permai, Kota Bekasi, pada Minggu 16 Februari pukul 21.30 WIB. 

Mayoritas Kota-kota Besar Berpotensi Hujan dampak Dua Siklon Tropis, Menurut BMKG

“Kami nyatakan kondisi Kali Bekasi sekarang sudah siaga 1, karena tinggi muka air sudah melebihi batas normal,” kata Ketua Komunitas Peduli Sungai Cikeas dan Cileungsi (KP2C) Puarman Kahar, Minggu malam 16 Februari 2020 dilansir dari VIVAnews.

Puarman mengaku, saat ini tinggi muka air Sungai Cileungsi mencapai 100 sentimeter. Lalu tinggi muka air di Sungai Cikeas mencapai 190 sentimeter. Kedua pertemuan itu menjadi satu di wilayah Pondokgede Permai hingga ketinggian air mencapai 560 sentimeter.

BMKG: Potensi Hujan Badai Disertai Petir di DKI Jakarta

“Normalnya kan hanya 300 sentimeter,” katanya.

Menurut Puarman, kondisi hulu dua sungai yang ada di wilayah Bogor masih diguyur hujan. Kemungkinan, kata dia, debit air semakin tinggi.

Sulsel Terdampak Cuaca Ekstrem dan Waspada Bencana Hidrometeorologi, Menurut BMKG

“Hulu masih dilanda hujan, sehingga debit air untuk mengarah ke hilir (Kali Bekasi) bakal terus tinggi,” katanya.

Warga bantaran lebih waspada

Bahkan, perjalanan air dari hulu  ke Jatiasih diperkirakan 2 sampai 4 jam. Dia berharap warga yang tinggal di bantaran Kali Bekasi lebih waspada jika terjadi arus deras. 

Sementara itu, Perumahan Cahaya Kemang Permai (CKP) RW 04 Kelurahan Jatikramat sudah terendam air selutut orang dewasa. Air dengan cepat merendam rumah-rumah warga dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter. 

“Perugas kami melaporkan adanya kejadian banjir di Perumahan CKP dan arus air sudah masuk ke pemukiman warga sejak Minggu sore,” kata Kasubag Humas Polres Metro Bekasi, Kompo Erna Ruswing, Minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya