Penumpang Kapal Pesiar MV Westerdam Terindikasi Corona, 362 WNI Sehat

Virus corona COVID-19.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menteri Luar Negeri, Retno L.P Marsudi, memastikan sebanyak 362 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di dalam Kapal Pesiar MV Westerdam dinyatakan sehat.

Plesiran Pakai Kapal Pesiar Kian Diminati, Azamara Cruise Singgah di Bali

Mereka telah teridentifikasi setelah ada penumpang terinfeksi virus Corona. Saat ini kapal asal Amerika Serikat ini bersandar di Kamboja.

"Nereka dalam kondisi sehat," kata Retno di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 17 Februari 2020 dilansir dari VIVAnews.

Liburan Anti Mainstream Cobain Naik Kapal Pesiar Dua Negara Sekaligus, Berapa Biayanya?

Dari jumlah tersebut, yang sudah kembali ke Indonesia sebanyak 27 orang karena masa kontraknya habis. Karena hampir seluruh WNI di atas Kapal Westerdam merupakan kru. Menurut dia, 27 WNI yang sudah pulang akan diperiksa kembali kesehatannya.

"Dan mereka juga begitu tiba sudah dilakukan pengecekan semua oleh tim Kementerian Kesehatan. Diberikan juga health alert card dan sejauh ini mereka ada dalam kondisi sehat," ujarnya.

Berlayar Perdana, Intip Kemewahan Royal Caribbean Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

Sementara nasib 78 WNI yang berada sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di kapal pesiar Diamond Princess disebutkan telah menjalani masa observasi selama 14 hari. Sejauh masa observasi, belum ditemukan WNI terjangkit virus berbahaya tersebut.

"Sekitar tanggal 23-24 Februari selesai (observasi) itu perkiraan (selesai). Maka nanti mereka kembali sudah tak memerlukan masa observasi lagi karena sudah dilaksanakan di kapal tersebut," ujar Retno.

Tim SAR Semarang evakuasi turis AS dari Kapal Viking Cruiser di Laut Semarang

Tim SAR Evakuasi Turis Wanita AS di Tengah Laut Semarang, Ada Apa?

Seorang turis asal Amerika Serikat dievakuasi dari tengah laut oleh Tim SAR gabungan Basarnas Semarang, pada Sabtu tengah malam

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2024