Gempa Bumi Guncang Jawa Timur

Peta lokasi gempa Jawa Timur.
Sumber :
  • InaTEWS

VIVA – Gempa bumi mengguncang wilayah Provinsi Jawa Timur. Gempa berpusat di wilayah Kabupaten Jember.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Berdasarkan siaran resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG, gempa terjadi pukul 12:37:16 WIB, Rabu 19 Februari 2020. Kekuatan gempa 3,6.

Dari hasil monitoring BMKG, lokasi gempa berada di lautan 150 kilometer barat daya Jember, Jatim. Atau pada titik koordinat 9.50 Lintang Selatan-113.28 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

BMKG mencatat, sebelumnya gempa bumi juga mengguncang Jawa Timur. Gempa sebelumnya terjadi pukul 08:15:22 WIB. Kekuatan gempa 3,7. Pusat gempa berada 171 kilometer barat daya Lumajang. Pada koordinat 9.65 LS-113.00 BT pada kedalaman 10 kilometer.

BMKG tak mengeluarkan peringatan ancaman gelombang tsunami atas kedua gempa ini. Hanya saja BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada akan terjadinya gempa susulan.

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Baca: Geger, Ustaz Kondang Ngaku Lulusan S3 Vatikan

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Tim SAR menyusuri pesisir Kepulauan Sitaro untuk mencari dan mengevakuasi warga yang masih tertinggal, ke tempat yang lebih aman dari material erupsi Gunung Ruang.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024