Bali Diguncang Dua Gempa Beruntun

Pulau Bali.
Sumber :
  • Google Maps

VIVA – Tak cuma wilayah Provinsi Jawa Timur, ternyata gempa bumi juga telah mengguncang Pulau Dewata, Bali. Bahkan terjadi dua kali beruntun.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

Berdasarkan informasi yang disiarkan langsung oleh Indonesia Tsunami Early Warning System atau InaTEWS, Rabu 19 Februari 2020, dua gempa mengguncang pulau indah Nusantara terjadi dalam jarak hanya sembilan menit saja.

Gempa pertama terjadi pada pukul 09:16:51 waktu universal atau UTC (coordinated universal time)  atau pukul 16:16 WIB atau 17:16 WITA. Pusatnya di selatan Pulau Bali dengan kekuatan 2,8.

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Lokasi gempa terdata berada pada titik koordinat -9.36 Lintang Selatan-115.95 Bujur Timur. Di lautan pada kedalaman 60 kilometer.

Lalu pada pukul 09:25:16 UTC, gempa kembali mengguncang dengan magnitude lebih besar yaitu 3 pada skal richter atau SR. Lokasi berada di titik -7.90 LS-117.86 BT atau di Laut Bali pada kedalaman 11 kilometer.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

BMKG tak mengeluarkan peringatan dini gelombang tsunami usai terjadi kedua gempa. Meski begitu masyarakat tidak panik saat terjadi gempa dan tetap waspada.

Selain Bali, hari ini wilayah Provinsi Jawa Timur juga diguncang dua gempa beruntun. Baca: Gempa Bumi Guncang Jawa Timur

Gunung Ile Lewotolok

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat aktivitas erupsi Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih tinggi.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024