Milenial! Kemenhan Ada Program Pelatihan Militer Komcad untuk Kalian

Ilustrasi pelatihan militer.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) berencana merekrut pelatihan Komponen Cadangan atau Komcad. Keberadaan Komcad berlandaskan Undang Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) yang telah disahkan tahun lalu.

Aktor Kim Min Kyu Bakal Masuk Wajib Militer Mulai 1 April

Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Pothan) Kemenhan, Bondan Tiara Sofyan menegaskan Komcad bukanlah program wajib militer.

"Komcad itu bukan wajib militer, Komcad adalah untuk memperkuat komponen utama TNI, dia bukan wamil," kata Bondan kepada wartawan, Jumat 21 Februari 2020.

5 Perbedaan Wajib Militer Israel dan Wajib Militer Korea Selatan yang Mengerikan

Pendaftaran dibuka untuk WNI usia 18- 35 tahun. Kementerian Pertahanan pun menyampaikan ajakan bersifat suka rela bagi para generasi muda.

"Jadi siapa yang mau ayo mendaftar nanti ada syarat-syaratnya, nanti ikut seleksi, setelah lulus seleksi ada latihan dasar militer selama tiga bulan. Stelah itu kemudian baru diangkat Komcad, setelah itu kembali ke profesi semula," ujarnya.

Aktor Kang Tae Oh Selesai Wajib Militer Hari Ini

Untuk memulai program tersebut, Kementerian Pertahanan masih menunggu ketetapan melalui Peraturan Pemerintah. Bondan juga berharap bahwa pada tahap awal sebanyak 25 ribu peserta ikut pelatihan militer yang diproyeksikan sementara membantu TNI Angkatan Darat.

"Jadi kita masih tergantung ketersediaan anggaran," ujarnya.
 

VIVA Militer: Warga sipil Ukraina masuk wajib militer

5 Negara yang Masih Terapkan Wajib Militer: Kehormatan, Kewajiban, atau Pelanggaran HAM?

Namun wajib militer merupakan sistem kontroversial. Ada yang mendukungnya karena penting untuk pertahanan negara dan ada yang menentangnya karena dianggap pelanggaran HAM

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024