Logo BBC

Mengapa Kepulauan Seribu Jadi Lokasi Karantina 180 Kru WNI World Dream

- May James/Getty Images
- May James/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Sebanyak 180 orang warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi awak kapal pesiar World Dream akan dievakuasi dan nantinya akan ditempatkan ke pulau Sebaru Satu di Kepulauan Seribu, kata seorang pejabat Indonesia.

Sejak awal Januari lalu, semua penumpang dan awal kapal pesiar World Dream, yang berlabuh di pelabuhan Hong Kong, sedang mengikuti karantina, setelah delapan orang penumpangnya terpapar virus Corona.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia memastikan bahwa 180 orang WNI yang bekerja sebagai awak kapal pesiar yang lepas jangkar di Hong Kong "dalam kondisi sehat dan negatif virus Corona".

Kapal pesiar yang mengangkut 3.600 orang tersebut dilaporkan mempekerjakan ratusan kru asal Indonesia dari berbagai jenjang.

Usai bertemu Presiden Joko Widodo, Senin (24/02), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah akan mengevakuasi ratusan WNI itu dan nantinya akan ditempatkan dan dikarantina di Pulau Sebaru Satu di Kepulauan Seribu di perairan wilayah DKI Jakarta.

"Lokasi sudah diterapkan dan disiapkan, yaitu di kepulauan [Seribu]. Ada pulau yang tidak berpenghuni, di [Pulau] Sebaru Satu," kata Muhadjir di hadapan wartawan.

Pulau itu dipilih sebagai lokasi observasi bagi 180 orang WNI itu karena tidak berpenghuni.