VIVA Militer

Mobil Tua TNI Zaman Soeharto Ditemukan, Riwayatnya Menakjubkan

Mobil tua milik TNI di Kodim 0702/Purbalingga
Sumber :
  • Kodim 0702/Purbalingga

VIVA – Beberapa hari lalu sejumlah prajurit Tentara Nasional Indonesia dari Sub Detasemen Polisi Militer atau Sub Denpom IV/1 Purwokerto mendatangi Markas Kodim 0702/Purbalingga, Jawa Tengah.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Mereka datang bukan untuk main-main lho, tapi memeriksa kondisi alat-alat tugas TNI yang tersedia di Kodim 0702.

Namun, ketika sebuah peristiwa mengejutkan terjadi, tepatnya ketika anggota Sub Denpom IV/1 Purwokerto memeriksa sebuah armada roda empat alias mobil yang terparkir di dalam garasi.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Mobil itu bukan mobil mewah dan baru. Tapi mobil yang sudah sangat tua usianya. Mobilnya merek Kijang, jenis bak terbuka. Sudah tahu dong wajahnya mobil jenis ini seperti apa.

Mobilnya tak bagus lagi, sudah uzur dimakan usai. Modelnya saja masih kotak persegi dengan warna dasar hijau khas TNI. Velgnya juga standar dengan cat berwarna hitam. Saat ditemukan di bagian bak belakang dipenuhi ban-ban bekas.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Tak siapa sangka, ketika diperiksa ternyata sebuah riwayat menakjubkan terpampang. Ternyata meski usai mobil yang memiliki nomor registrasi 1202/IV, tapi mesin mobil masih bandel, masih bisa nyala dan berjalan dengan baik.

Menurut Dandim 0702/Purbalingga Letkol Yudhi Novrizal, usia mobil sudah sekitar 42 tahun, mobil itu sudah setia menjadi armada resmi Kodim 0702 sejak almarhum Jenderal Besar Soeharto masih menjabat Presiden RI ke-2. Tepatnya mobil itu sudah ada sejak tahun 1978.

Mobil tua milik TNI di Kodim 0702/Purbalingga

Bahkan mobil ini masih digunakan untuk mendukung tugas prajurit TNI melaksanakan TMMD atau TNI Manunggal Membangun Desa dan tugas operasi lainnya, hebat kan?.

Tak hanya itu, setelah diperiksa lebih detail, terungkap lagi fakta yang tak kalah menarik. Meski tua tapi mobil itu administrasi surat-suratnya tertib alias tak bodong.

"Betul setelah kami cek ternyata memang masih layak jalan dan memiliki surat yang lengkap," kata Kapten Cpm Ujang R seperti dikutip VIVA.co.id, Kamis 27 Februari 2020.

Nah pasti penasaran kan, kok bisa ya mobil tua milik TNI itu masih dalam kondisi baik seperti mobil yang baru-baru zaman kini?

Dandim 0702/Purbalingga Letkol Yudhi Novrizal menuturkan, walau tua tapi mobil itu mendapatkan perawatan yang baik dan tentunya rutin.

"Kami selalu melaksanakan pengecekan dan perawatan rutin dalam rangka Harcegah (Pemeliharaan dan Pencegahan) kepada inventaris yang di percayakan kepada kami, agar tetap mampu digunakan dalam mendukung tugas dan tentunya tetap aman dalam pelaksanaannya," ujarnya.

Letkol Yudhi bercerita sedikit tentang sejarah mobil tua bandel milik TNI itu, katanya mobil itu dahulunya aktif dipakai bahkan pemakainya sudah pensiun.

"Kalau Prajurit Angkatan 1978 sudah pensiun, tetapi mobil ini tetap setia mengabdi kepada TNI dan masyarakat demi kejayaan bangsa dan negara Indonesia," kata Dia.

Ayoo, siapa yang punya mobil kayak begini dan surat-suratnya lengkap serta tertib administrasi? Apalagi mobil baru. Jangan sampai kalah sama mobil tua bandel milik TNI ya.

Baca: Kapal Perang Iran yang Bikin Panik Israel Muncul di Pangkalan TNI AL

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya