Enaknya, Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Dapat Rp6,6 Juta per Semester 

Presiden Joko Widodo membagikan Kartu Indonesia Pintar
Sumber :
  • VIVA / Agus Rahmat

VIVA – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan dana kuliah yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagai para mahasiswa di seluruh pelosok negeri ini. 

Kirim Uang ke Luar Negeri Lewat BRImo, Memudahkan Lanjut S2 di Kampus Terbaik Dunia

Bagi mahasiswa yang telah mendaftar dan menerima KIP akan mendapatkan bantuan dana untuk perkuliahan. Totalnya, setiap mahasiswa menerima Rp6,6 juta per semester. 

Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Paristiyanti Nurwadani merinci dana yang didapat mahasiswa sebesar Rp2,4 juta per semester untuk uang perkuliahan mahasiswa. 

Cek Informasi Pendaftaran KIP Kuliah 2023

"Kemudian ada biaya hidup Rp4,2 juta per semester diberikan kepada mahasiswa," kata Paristiyanti di Gedung Kemendikbud, dikutip dari VIVAnews Kamis 27 Februari 2020.

Tak hanya itu, Kemendikbud akan memberikan tambahan uang untuk program pendidikan vokasi bagi para mahasiswa di Indonesia. 

3 Kategori Calon Mahasiswa yang Layak Terima KIP Kuliah

"Ada tambahan per semester untuk ujian kompetensi supaya dapat sertifikat kompetensi yaitu Rp800 ribu per semester," tuturnya. 

Pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menargetkan 818.000 mahasiswa untuk menerima KIP Kuliah pada tahun 2020. 

“Jumlah tersebut terdiri dari mahasiswa Bidikmisi on-going tahun 2016-2019 sebanyak 418.000 mahasiswa dan KIP Kuliah untuk calon mahasiswa baru sebanyak 400.000 mahasiswa," ucap Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya