Awal Mula Ibu dan Anak di Depok Terinfeksi Virus Corona Covid-19

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Science Alert

VIVA – Dua orang yang berada di wilayah negara Indonesia terjangkit virus Corona Covid-19. Mereka adalah ibu dan anak dan diketahui bertempat tinggal di daerah Depok, Jawa Barat.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan riwayat keduanya hingga terjangkit Corona. Bermula kata Terawan ketika warga Indonesia berinteraksi dengan warga Jepang yang tinggal di Malaysia tersebut.

Warga Jepang ini diketahui melakukan perjalanan ke Indonesia dan bertemu dengan salah satu di antara kedua warga tersebut.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Ya ini memang positif dua orang. Adalah warga negara asing Jepang, kebetulan tinggal di Malaysia melakukan perjalanan ke Indonesia kemudian kembali ke Malaysia diperiksa karena sakit.  Setelah beberapa hari sakit dicek. Begitu datang di sana ke monitor dan sebagainya," kata Terawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 2 Maret 2020.

Setelah otoritas Malaysia memeriksa dia  maka diketahui warga Jepang itu positif virus Corona Covid-19. Setelah ditelusuri, ternyata dia baru kembali dari Indonesia.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Oleh Kementerian Kesehatan Malaysia, melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Bahwa ada seorang warga yang positif sekembalinya dari Indonesia.

Kemenkes RI kemudian melakukan penelusuran setelah mendapatkan informasi dari Malaysia itu. Hingga akhirnya pada 1 Maret 2020 kemarin diambil tindakan isolasi.

"Sehingga setelah itu orangnya kita dapatkan kita langsung periksa kita bawa ke Rumah Sakit Pusat Penyakit Infeksi Sulianti Saroso. Jadi dia ada di ruang khusus isolasi khusus yang tidak terkontak dengan yang lain," kata Terawan.

Kedua warga tersebut adalah bermur 31 tahun (anaknya) dan ibunya berusia 64 tahun. Kasus ini adalah kasus virus Corona pertama di dalam negeri yang dihadapi Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya