Masuk Bursa CEO, Jokowi Disebut Akan Buatkan Ahok Ibu Kota Baru

Foto rekaan Ahok menggunakan seragam petugas SPBU
Sumber :
  • Instagram/@aganharahap

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini sedang menggodok empat nama sebagai calon pemimpin ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Dari empat orang itu, ada nama Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi salah satu yang bakal ditunjuk memimpin ibu kota baru di Penajem Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

Munculnya nama Ahok tentu menimbulkan reaksi dari berbagai kalangan, termasuk warganet. Lucunya, Ahok yang kalah dalam pertarungan Pilkada Jakarta pada 2017 langsung dibuatkan ibu kota baru untuk menjadi Kepala Daerah oleh Jokowi.

Government to Form Special Task Force for Handling Online Gambling

“Best friend forever. Kalah di ibu kota, ibu kotanya dipindahin biar tetap doi yang mimpin ibu kota. Drama musical of the year,” tulis aku  Sameer @Sameercimy_ yang dikutip pada Kamis, 5 Maret 2020.

Bukan cuma Ahok yang jadi kandidat untuk pimpin ibu kota baru, tapi ada tiga nama lainnya yang sedang digodok. Ada nama Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Tumiyo dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas. 

KPU Yakin MK Tolak Amicus Curiae yang Diajukan Megawati karena Tak Ada dalam UU Pemilu

“Calonnya ada 4 orang. Kita doakan saja supaya Ahok tidak terpilih,” tulis akun opposheshe @vivosite24680.

Selain itu, aku  Han jd @KikaOyes sangat heran kenapa Presiden Jokowi begitu mengistimewakan mantan Gubernur DKI itu. Padahal, ibu kota baru saat ini masuk Provinsi Kalimantan Timur yang sudah memiliki pemerintahan daerah.

“Begitu pentingnya kah Ahok bagi negara sampai-sampai dibikinin ibu kota baru? Terus apa gunanya Gubernur Kaltim? Halooo,” tulisnya.

Dengan demikian, kecurigaan lain pun muncul punya utang apa Jokowi dengan Ahok sampai akhirnya memberikan ruang untuknya memimpin ibu kota baru nanti.

“Kenapa maksain banget untuk Ahok? Ada utang apa sebenarnya Jokowi atau negara ini sama Ahok,” ucap akun arbai,java @arbaiasa.

Ibu Kota Negara RI yang baru menurut rencana akan dibangun pada 2020 ini. Sekitar 2024 mendatang, para pegawai negeri diharapkan sudah mulai dipindahkan ke sana.

Ibu kota yang baru mengambil lahan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya