Wilayah yang Diguyur Hujan Pada 12-14 Januari

VIVAnews -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai perubahan iklim pada 12-14 Januari 2010. Sebagian wilayah Indonesia diprediksi akan turun hujan lebat, angin kencang dan disertai petir.

Hal itu karena adanya daerah tekanan rendah di sebelah Utara dan Timur Australia membentuk daerah pumpunan angin yang memanjang dari Sumatera bagian Selatan hingga Laut Banda yang berpengaruh terhadap proses pertumbuhan awan - awan hujan di wilayah sekitarnya.

Tingginya nilai indeks monsoon Asia mengindikasikan adanya potensi seruakan massa udara dingin ke wilayah Indonesia. Kondisi ini berpengaruh terhadap intensitas pertumbuhan awan - awan hujan di wilayah Indonesia bagian Selatan yang semakin menguat.

Selain itu, suhu muka laut di perairan Indonesia masih cukup hangat sehingga mendukung suplai uap air yang cukup bagi pertumbuhan awan - awan hujan tersebut. Wilayah yang berpotensi  hujan lebat disertai  petir dan angin kencang adalah :

-    Sumsel, Bengkulu dan Lampung
-    Pesisir Barat Sumatera bagian Tengah dan Selatan
-    Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan
-    Jabodetabek
-    Sebagian besar Pulau Jawa
-    Sulawesi bagian Utara, Selatan dan Tenggara
-    Bali
-    NTT bagian Timur
-    Maluku Utara dan Tenggara
-    Papua bagian Barat dan Utara

Terpopuler: Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan di Mekkah sampai Alasan ke BaliSpirit Festival
Ria Ricis

Terpopuler: Ria Ricis Diduga Sindir Teuku Ryan sampai Betharia Sonata Sakit

Round-up dari kanal Showbiz pada Sabtu, 4 Mei 2024. Salah satunya tentang Ria Ricis setelah rumah tangganya dinyatakan selesai alias bercerai.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024